topads

Saturday, September 12, 2009

Ternak Vs Biosekurity

Sebagai Landasan atau dasar yang perlu di perhatikan Di dalam lingkungan peternakan adalah Biosecurity, Karena kalau biosekurity tidak di jalankan dengan benar, atau tidak sejalan dengan prosedur yang semestinya di jalankan, maka masa hidup ayam akan lebih pendek, Itu adalah titik dasar bagai mana supaya ayam hidup lebih baggus, Nah ikuti yuk penjelasan-nya.
Penerapan biosekurity dilingkungan peternakan unggas, Ini menyangkup semua jenis unggas, bukan hanya di khusus kan untuk ayam PS, atau Broiler, bioseckurity Mempunyai efek yang sangat besar terhadap keberhasilan sebuah perusahaan peternakan, Kalau Bioseckurity Dijalankan dengan baik, dan secara menyeluruh di setiap penjuru anggota peternak, Maka ayam anda, atau peternakan anda akan Higienis, Dan akan lebih jauh terserang segala penyakit, Al-Hasil ada banyak faktor positif yang dapat anda terima sebagai peternak, secara logika, jikalau ayam anda berhasil Lolos dari serangan penyakit, maka yang harus di catat adalah

  • Anda tidak Mengeluarkan biaya yang banyak untuk Membeli obat atau antibiotik untuk mengobati ayam, soalnya ketika mengalami sakit, mau tidak mau kita harus mengeluarkan biaya untuk mengobati ayam itu.
  • Ayam tumbuh dengan pesat, karena tidak terserang penyakit, maka ayam akan segar bugar tanpa hambatan, Pertumbuhan ayam tidak akan terkendala.
BIOSEKURITY akan berhasil dengan sempurna (jika) Semua Orang yang berada, atau yang bekerja di dalam perusahaan atau peternakan tersebut SADAR akan Penting-nya biosecurity.
Penerapan atau Prosedur, Bahwa biosecurity harus di ikuti oleh semua pihak yang terlibat di dalam perusahaan tersebut, Tanpa terkecuali , Sebagai contoh: Direktur Mau masuk kandang PS, Maka prosedur di ayam PS semua kalangan atau orang yang mau masuk kedalam kandang ayam PS yang berusia di bawah 18 Minggu, Orang tersebut Harus mandi Di Tempat Yang telah di sediakan. Mau tidak Mau Direktur pun harus mandi, manager, supervisor, orang M&R, Orang Kantor yang mau melihat, atau orang luar (Visitor) harus mengikuti arahan tersebut, Itu Dengan tujuan Begitu Penting-nya biosecurity di dalam peternakan unggas (ayam).
Maka tidak boleh beranggapan......??? Ah.. saya manager, ah saya supervisor , saya leader flock Man, saya gak usah mandi....... Itu Kebiasaan BURUK Yang sering terjadi.

Saya akan mengambil contoh Kecil yang ada di Hatchery (penetasan Telur).
Sewaktu menerima telur dari kandang, atau menerima telur dari perusahaan lain (kalau yang Infor), Petugas yang akan melakukan seleksi telur, atau telur sebelum dimasukan kedalam cooling Room, Petugas tersebut Harus Mandi, Harus masuk Keruangan Disinfeksi, (ruangan ini) Ketika orang masuk, Sprayer akan Hidup dengan otomatis, dan menyemburkan Disinfectant kepada petugas, sehingga petugas yang keluar dari sana Sudah bebas penyakit, Dan sudah Diperbolehkan untuk melakukan tugas-nya, yaitu untuk seleksi telur yang nantinya telur tersebut akan di tetaskan.

Secara pasti-nya kalau bicara soal Penetasan, disana pasti ada TELUR dan ada ANAK AYAM,
Peraturan-nya adalah:
  • Sesiapa saja orang yang bekerja di Hatcher, atau orang yang telah melakukan kerja di mesin (untuk mengeluarkan ayam) Atau orang yang sudah melakukan vaksinasi terhadap ayam yang baru netas, atau orang yang melakukan aktivitas nya berhubungan langsung dengan anak ayam yang baru menetas, Orang tersebut tidak boleh masuk kedalam ruangan seleksi telur, apalagi kalau memegang telur.
DI KANDANG
Untuk berjaga-jaga agar ayam tetap ada dalam kondisi sehat, kita harus mengikuti prosedur biosekuriy dengan baik. Karena vektor (penyebar penyakit) Tidak hanya burung, lalat, tikus, ayam kampung, burung liar atau hewan lain yang mungkin bisa masuk kedalam lingkungan kandang, Jangan heran jika orang yang terlibat langsung dengan ayam tersebut adalah pekerja, dimana pekerja yang tidak mengikuti jalur-nya biosekurity dia adalah sebagai vektor paling bahaya.....!!!! Maka pastikan orang yang mempunyai hubungan langsung dengan ayam, orang tersebut harus lebih faham dan tingkat kesadaran nya terhadap penting-nya biosecurity harus mantap. maka dengan demikian jangka hayat ayam yang ada di kandang akan lebih bagus.

PERATURAN dasar yang ada di lingkungan KANDANG
Hindari bergerak dari ayam yang TUA ke ayam yang MUDA, Artinya jika anda bekerja sebagai supervisor atau pengawas, maka anda akan lebih banyak bergerak dari kandang yang satu ke kandang yang lain, atau M&R yang selalu kadang-kadang mendapat panggilan darurat (darurat bukan hanya di rumah sakit saja sob..... hehe) contohnya: kalau silo rusak, atau auger makanan (mesin pemutar makanan) rusak, atau kendala lain yang mungkin bisa terjadi kapan saja di dalam kandang, dengan demikian petugas M&R lah yang akan menangani nya, nah orang ini sangat berbahaya, seandai-nya orang tersebut sebelum masuk ke kandang yang mengalami masalah tadi, dia sudah melakukan kerja di kandang ayam yang umurnya lebih tua, Maka pastikan petugas tersebut mandi, ganti baju, ganti sepatu..... baru persilahkan masuk kandang.

Untuk supervisor
Biasanya anda melakukan kerja tidak mungkin anda mengendalikan kandang ayam cuman satu kandang? pasti sekitar 5 kandang atau lebih, Dengan demikian, pastikan di pagi hari anda melakukan aktivitas di kandang A (ayam Muda) misalnya, terus waktu sore hari ... anda melakukan kerja di kandang B(ayam tua) Misalnya, dengan cara demikian, kandang yang anda pegang insya allah akan lebih jauh dari terserang penyakit.

Demikian, penjelasan dasar mengenai biosekurity di lingkungan Peternakan Unggas.

Salam.


27 comments:

wew.. pertamaxxxx :42
salam kenal ya sob!

@ AeArc':
Salam kenal juga sobat.... jangan bosan-bosan ya.. mampir ke blog sederhana ini...
Thanks sob

Bagus info nya.
Seandainya bunda sudah punya banyak modal, bunda menghabiskan hari tua yang tenang di tempat ayng santai dan beternak dan berkebun serta merawat bunga plus MEMASAK (kesukaan Bunda). dan info ini bagus .. untuk pembelajaran. emoticon 25

makasih udah berkunjung ke blog saya, slam kenal mas... :10

Saya gak begitu tahu sih .. soal beternak (gak telaten).

Tau nya cuma makan hasil ternak :)

Great information.
I don't know about ternak knowledge, now I jadi tahu.

Give me suggestion when I start berternak.

GUBRAk .....
nabrak ke peternakan ini.
apa ternaknya ada yang luka ???

Sorry ... Automobile ini agak rusak Power steering nya plus rem nya Blong.

Numpang baca -baca yach ...
Masak setiap hari bacaan nya cuma Joke | Humor | hal yang Lucu-Lucu saja jadi nya Bosan achh... *_*

Sekali-kali baca artikel Ilmiah kan gak apa-apa, Boleh kan ????

ternak vs biosekurity -> biosekurity keamanan dalam bentuk biologis ya.. seperti vaksin antibiotik. ulasan artikel yang sangat bagus.

wah jadipingin ternak deh bagi tipnya aja ya

ketat juga ya agar di dapat ayam yang berkualitas?
ini mah taunya beli ayam aja...hehe...

artikelnya sangat bermanfaat, makasih sudah berbagi.

Masak abang Muksin nyruh aku nabrak lagi, entar kandang ayamnya HAncur LEbur BInasa, kan kasihan ayam horen nya gak ada tempat berteduh.

Terus 'Ayam' nya disuruh tidur di Honda Mobile saya.

Entar siapa yang bersihin dashboardnya dan karpet nya :) ?

Tia tambah ilmu lagi nih kak soal peternakan abis baca postingan ini,...makasih ya udah sharing tentang info seputar peternakan

Sharing Tips

wah keren infonya sob...,
:37


@ruri
@deden Hamsa IMB
@narti
@Magazine Car
@Cyntia
@eman:

Terimakasih ya sobat, atas kunjungan dan komentarnya ke blog saya, semoga anda semua dan saya juga :D tambah sukses dalam segala hal.
salam

Oh.. Jadi maksudnya biosecurity itu bagian dari teknik beternak toh..! good idea... biar para peternak kita semakin professional dan lebih modern menggeluti bidangnya.

wah saya tidak mengerti soal ini
saya akan berkunjung setiap hari agar bisa belajar dari blog mas

terimakasih infonya sahabat sangat berguna sekali

mau seh ternak ayam
tapi udah nda ada tempatnya di sini
dah penuh sesak


semoga saja semua orang yang berkecimpung dalam dunia peternakan memahami akan hal ini. pentingnya kehigienisannya dari ternaknya.
dan moga aja yang namanya virus2 cepat teratasi dari bumi ini.

@misbah elmunir:
iya sobat, maksudnya biosekuriti disini adalah, pengamanan dari segi bio... (bagian-bagian terkecil) soalnya alangkah pentingnya apabila kita memeperhatikan keselamatan dari tahap yang paling kecil :X

@alimunandar:
ok sob.. kita saling berbagi ilmu saja..

@kurniawan:
ok sobat.. indahnya berbagi :)

@f.u.f.u
Amiinn sob.. semoga para peternak lebih maju dan lebih berhasil termasuk saya ;)) dan itulah yang namanya virus, mudah2an bisa segera tertangani oleh para ahli di bidangnya.

salam sobat. :)

salam kenal..tolong infonya untuk mengatasi bau pada peternakan ayam pedading?(info produknya kalo ada)..tks

tolong diajarin dunk,mulai dari anggaran biaya,thanks

sip bagus ni buat nambah bacaan...
oh iya ada yang mw uang 25$ cuma dengan bermodal email saja... qita cuma daftar dan langsung dapet 25$ d account qita.... mantap ;;)
silahkan daftar aja d sni gan.. ga akan rugi
http://www.paybox.me/r/detriskuswanto

baguss banget untuk tambahan informasi..
tapi di Indonesia jarang menggunakan biosecurity..

sedikit sekali..
padahal kan biosecurity itu sangat penting...

:) :)

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More