topads

Friday, September 18, 2009

Lalat hitam Penyebab Animea



Kejadian:
Lalat ini banyak terdapat di kawasan zona iklim tropis. lalat ini mempengaruhi semua species unggas, dan juga mempengaruhi semua umur unggas.

Penyabab dari :
lalat hitam (keluarga simuliidae) species ini juga banyak terdapat di peternakan

  • Ayam turkey.


Dan juga banyak terdapat di peternakan kerbau, lalat ini akan menyengat dan menghisap darah dari mangsanya, kalau dalam bahasa sunda lalat ini biasa di sebut dengan piteuk.

Pengaruhnya:
Kalau menyangat manusia atau menyengat unggas peliharaan, maka kita akan merasa sakit, dan mengalami bengkak di bagian yang di sengat, rasa sakit, gatal, tetapi ketika dia menyengat kita tidak tahu, soalnya tidak akan terasa, rasa sakit dan gatal akan terasa setelah beberapa menit kemudian.
kalau tisak segera di suntik dengan anti racun, maka akan terasa sakit yang lama, kira-kira selama 4 hari berterusan, kalau tidak segera di obati, akan menyebabkan anemia, begitu juga kalau terjadi kepada hewan peliharaan kita, sepertia ayma dan sejenisnya, akan menyebabkan anemia terhadap ayam yang disengat, lalat hitam ini setelah menyengat akan menularkan darah protozoan parasites seperti leucocytozoon yang akan menyebabkan Avian malaria.

Ringkasan:
Lalat hitam, Piteuk (masih dal keluarga simuliidae), lalat tersebut berprilaku serupa dengan nyamuk, yaitu menghisap darah dari korban, lalat ini lebih besar dari lalat biasanya, mempunyai tubuh yang kekar, lalat hitam ini lebih dari 20 species yang telah tercatat yang sering menyerang peternakan unggas, lalat ini biasanya akn menyengat di siang hari, bukan di malam hari, dan akan menyebabkan rasa sakit, nyeri, gatal, dan mengakibatkan bengkak pada bagian yang di sengat, dan kalau tidak segera di obati, hewan yang di senga takan mengakibatkan anemia yang parah di kalangan peternakan unggas.
Lalat hitam ini berkembang biak di kawasan air yang tergenang dan mengalir, seperti anak sungai kecil, irigasi, dan system saluran air lainnya, lalat hitam ini akan bertelur di batu, ranting, kayu, daun-daunan, atau tumbuhan yang ada di sekitar air tersebut, telur-telur tersebut akan menetas sekitar beberapa hari.

Perawatan dan control:

Untuk mengontrol lalat ini, akan lebih sulit, soalnya hama penyakit ini berkembang biak di saluran sungai, walaupun tempat peternakan kita agak jauh dari kawasan perairan, maka lalat ini ketika musim menetas akan mencari kawasan yang berbau (mengikut naluri lalat).
Kalau di daerah amerika utara, pemerintah setempat mengambil tindakan untuk menghapus hama ini, yaitu dengan menyemprot semua kawasan perairan dengan menggunakan Helikopter,
Program tersebut di lakukan sebulan sekali untuk menghindari pertumbuhan Lalat dan Sekaligus menghambat perkembang-biakan nyamuk di kawasan perairan amerika utara, tapi dengan catatan tidak membunuh Ikan yang hidup di kawasan perairan tersebut....... hhhmmmmm, jadi iri ya sama pemerintahan amerika,...!!!!

Pencegahan Ketika Lalat hitam Banyak dikawasan Kandang:

Pencegahan ketika lalat sudah memasukai kawasan kandang, maka kita harus sangat hati-hati dan teliti, kita juga bisa menggunakan aerosol (kalau kandang kosong), atau obat yang berfungsi sebagai anti serangga, dan tujuannya untuk membunuh telur lalat yang ada di dalam kawasana kandang.

Catatan:
Hindari lantai basah, jangan lantai atau sekam di biarkan basah, soalnya lalat ini akan betah di kawasan yang lembab, apalagi di kandang ayam, atau jangan sampai kawasan bawah kandan/slat basah, jika kawasan slat basah, kita bisa menggunakan kapur, taburlah kapur (kering tanpa air) di setiap kawasan yang basah, tapi hati-hati jika anda menabur kapur di lantai, usahakan ayam jangan sampai memakan kapur tersebut. soalnya kalau ayam memakan kapur yang berlebihan, maka efek negative nya adalah ayam tersebut akan menghidap sakit ginjal.
Untuk di dalam kandang coba anda gunakan Virkon's dengan di semprot di kawasan yang kira-kira terdapat banyak telur lalat. Untuk catatan, penyemprotan di dalam kandang (yang ada aymnya) usahakan giring dulu ayam tersebut, kemudian setelah ayam menghindar, Baru-lah penyemprotan di lakukan.

Untuk ayam yang sudah bertelur :
Hindari telur jatuh ke bawah lantai, atau slat, jika ada telur pecah di kawasan nest-box atau sangkar telur, maka harus segera di bersihkan. untuk penjagaan lakukan lah penyemprotan seminggu sekali dengan menggunakan anti bakteri yang terdapat di kawasan anda.

Dan amlkan Biosekurity di dalam peternakan anda secara disiplin.
Terimakasih : Info ternak



8 comments:

lalatnya seperti apa ya? yang gede segede kuku bukan? atau yang seperti lalat biasa? soalnya di kandang sapiku ada 2 jenis lalat penghisap darah. yang atu segede kuku manusia, yang atunya seperti lalat biasa

@ramuni:
bener bos, yang gede seperti kuku, kalau di bandingkan dengan lebah madu, besarnya sama, dan ada juga yang agak besar lagi seperti tawon, biasanya di sapi juga ada, kalau sapi kulitnya agak tebal, jadi reaksi racunnya tidak terlihat oleh kita, seperti tidak bengkak, di karenakan kulit sapi yg tebal...tapi hati-hati juga, soalnya sprtikerbau, beri2, sapi tidak terlihat kesakitan setelah digigit, tetapi bisa menimbulkan radang kulit atau kudisan.
makasih bos udah mampir ..
salam

Keren yaa.. :14 postingannya..tetap semangat yaa..:16

kayaknya yg dulu sering lihat di kandang sapi deh, cuma gk ngerti jenisnya apa.
wah ayam bisa sakit ginjal juga ya? duh....
makasih, artikelnya sangat informatif.

wah ternyata dampaknya cukup gede juga dari lalat hitam.
makasih sob infonya, nanti lebih ati2 deh... hehe....

Wah, baru tau saya soal lalat yg ngisep darah.
Hmmm... bahaya jg ya. Thanks infonya ya.

untuk sobat semua, terimakasih atas komentar nya, maaf ya baru bisa balas komentar, soalnya baru bisa login sekarang tgl 29-9-09

perlukah membakar sampah setiap hari di ladang ternakan untuk menghalau ungas,nyamuk dan lalat??kami mosq buster memperkenalkan lampu ajaib yang boleh menghalau 1500 jenis serangga.kini penternak boleh tidor dgn lena dgn adanya mentol kami dgn harga terendah hanya rm35/mentor jaminan 3 bulan ketahanan 3000jam dan jimat 70%tenaga eletrik.hubungi/sms 0173517389 segera untuk tempahan

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More