topads

Friday, February 26, 2010

Panduan Flushing peternakan Ayam

Apa bahasa flushing itu di dunia paternakan??

Flusing adalah kegiatas farmer atau peternak yang melakukan pembersihan saluran pipa air minum di kandang ayam khususnya, selain itu fulshing dalam arti membuang kotoran yang ada di dalam pipa saluran air dengan secara paksa, seperti dengan cara memasukan aliran air yang keras ke dalam pipa air tersebut...


Apa tujuan Flusing?

Tujuan Flushing adalah... agar ayam senantiasa mengkonsumsi air minum yang steril, bersih, dan sehat...
secara pengertian kasar... jika ayam harus atau demi menjada kesehatan supaya ayam tetap mengkonsumsi air minum steril dan bersih.... maka jalanya adalah, bagai mana kita memelihara kebersihan air tersebut.
Yaitu jalanya seperti dengan membersihkan saluran atau pipa air minum (nipple line), akan tetapi sulitnya membersihkan nipple line ini beragam-ragam, jadi kita memerlukan teknik dengan menggunakan hichlone 


Jadi tujuan nya sudah jelas , maka dengan menggunakan chemical jenis hi-chlone ini, kita bisa membuang kotoran sisa obat atau vitamin yang menempel di permukaan bagian dalam pipa air minum ayam (nipple Line), Dengan cara menggunakan tekanan air yang keras saja itu tidak cukup, karena tidak bisa membuang semua kotoran dan ataupun bakteri yang ada di dalam saluran air minum tersebut... saya pikir pengertian di atas sudah jelas maknanya :-*

Kenapa mengguanakan Hichlone?

Bisa juga menggunakan kaporit contohnya, atau anda bisa memakai abrueval, dan bisa juga menggunakan hydrogen peroxide.

Chemical-chemical tersebut yang akan berfungsi untuk menghancurkan bio filem (pengertian bio film disini artinya adalah, kotoran atau sisa vitamin atau sisa obat yang di berikan lewat air, dan tidak sempat di cuci langsung oleh petugas kandang, maka kotoran itu akan me-nempel di dalam pipa saluran air minum tersebut, lama kelamaan kotoran itu akan berkembang seperti lumut, ada yang berwarna kuning muda (masih awal) kuning pekat, hijau.. atau hitam (kotoran sudah lama menempel di dalam saluran pipa tersebut )).

Tapi ingat, cara kerja yang salah akan mengakibatkan kegagalan, efeknya akan langsung terhadap ayam, maka dari itu.... pelajari (untuk yang belum tahu) cara membersihkan air saluran air minum dengan menggunaakan hichlone ini..

Persediaan:
  • Siapkan Drum berukuran 200 liter sebanyak 1 buah
  • Siapkan skim milk powder (susu bubuk) sebanyak 500 gram.
  • Siapkan motor flushing.
  • OPTION: jika anda tidak memiliki motor flushing anda bisa juga menggunakan mesin san-yo. yang biasa untuk menarik air dari dalam sumur ke bak mandi.
  • atau jika anda mempunyai kandang dengan tower yang tinggi, yang bisa menghasilkan tekanan air yang agak kuat, itu juga bisa di gunakan.
  • Siapkan hi-chlone sebanyak 500 gram (untuk 200 liter air)

Cara pelaksanaan.

Jika anda melakukan flushing, akan tetapi kandang masih di isi dengan ayam , artinya ayam masih berada di dalam kandang. 
maka:
Naikan Nipple yang ada di dalam kandangg, setinggi mungkin, tujuan nya di naikan tinggi adalah , agar ketika pelaksanaan flushing, ayam tidak sampai meminum air hichlone tersebut. (penting)

Campur Hichlone 500 gram kedalam drum yang berisi air 200 liter tersbut,

Catantan:
Jika pipa yang berada di dalam kandang anda , jika di hitung kandungan airnya melebihi kapasitas 200 liter air, maka anda boleh menggunakan 2 drum (jadi 400 liter) dengan catatan dosis nya, untuk 1 liter air adalah 2.5 gram hichlone.

Jika anda tidak menggunakan motor flushing dan anda memunyai tangki di tower yang agak tinggi, campurkan saja hichlone ke tower tersebut , dengan dosis (ingat) 2.5 gram /liter air).

selanjutnya:
Buka semua ujung nipple air.
dengan tujuan kita akan memasukan air kedalam pipa tersebut, jika kita tidak membuka ujung niple yang saya katakan tadi, maka kita tidak bisa memasukan air kedalamnya, karena tidak ada jalan keluar (semoga anda tidak bingung )

Jika system nipple anda menggunakan regulator, maka putarlah regulator ke arah posisi "Flush"  

Masukan air yang di campur dengan hichlone tadi, kedalam nipple dengan menggunakan motor pump, Jika yang menggunakan tower juga alir kan air hichlone yang tadi di campur ke dalam tangki air tsbt.

Kita tunggu air yang kita masukan tersebut, sampai keluar bagian ujung pipa yang kita flushing,
Apabila air sudah sampai keluar, maka hichlone yang kita masukan sudah memasuki saluran pipa yang kita plushing.




Selanjutnya tutup semua ujung nipple yang kita buka tadi,
Tujuan nya adalah, agar hichlone yang kita masukan tadi tinggal di dalam pipa saluran air minum ayam tersebut, dan akan merendam sisa obat, atau sisa vitamin yang kita masukan kedalam air minum selama pengobatan dan lain-lain. yang akhirnya sisa obat atau sisa vitamin tersebut akan hancur dengan larutan hichlone yang kita masukan.


Setelah pasti semua air hichlone yang anda masukan kedalam pipa tadi "sudah yakin keluar" dan anda sudah menutupnya, maka biarkan air hichlone tinggal di dalam nipple kira2 sampai 20 menit


Setelah 20 menit kemudian:
Buang hichlone yang ada di dalam saluran tadi, dengan cara membilas dengan menggunakan air biasa, 

  • caranya:
  • Buka semua ujung nipple, dan alirkan air biasa (air tanpa obat)  dengan menggunakan motor atau air dari tower, dan biarkan air mengalir keluar sampai 20 menit.
  • Dengan tujuan, Untuk memastikan kandungan hichlone yang ada di dalam pipa tersebut keluar semuanya (tanpa sisa) maka butuh durasi di sini, 
Setelah Air hichlone benar2 habis dan yakin bersih,

Langkah selanjutnya adalah:

campur skim milk powder yang kita siapkan tadi, kedalam air 200 liter (dosis 2.5 ml / liter air)
Masukan air campuran skim milk powder tersebut ke dalam pipa niple, caranya sama seperti anda memasukan air kandungan hichlone tadi.


Ketika sudah yakin air skim milk powder sudah keluar dari ujung nipple tadi, 
kemudian tutup semua ujung nipple dan biarkan air skim milk powder tadi tinggal di dalam pipa saluran air minum selama 15 menit. 
Perlakuan ini sama dengan tadi, ketika kita memasukan dan menunggu sampai waktu yang di tentukan.


Tujuan membiarkan air skim MP di dalam pipa saluran air minum adalah, agar jika masih ada kandungan air hiclone yang tersisa di dalam pipa niple tadi, maka fungsi dari skim-mp ini adalah menetralisasi air sisa hiclone yang ada di dalam pipa tersebut, jadi hasilnya akan press dan sehat. 


Kira2 air campuran skim milk powder tadi sudah 15 menit di dalam pipa air, maka keluarkan air skim milk powder tersebut dengan menggunakan air biasa (caranya seperti anda membilas hichlone tadi).


Jika skim milk powder sudah di buang dan di bersihkan, maka tugas kita sudah selesai..


Turunkan semua nipple yang kita naikan tadi, dan segeralah ayam di suruh meminum air dengan air yang higienis dan bersih ini.


Apa sih keuntungan dari flushing ini??


Ke untungan dari flushing ini adalah, 


  • jika ayam anda mempunyai penyakit ngorok, akan segera pulih,
  • dengan mengkonsumsi air yang bersih dan sehat, ayam tidak akan cepat terkena penyakit, 60 % jika air kotor ayam akan cepat terserang penyakit bakteri atau penyakit laiinya,
  • Mengurangi sakit akibat dari pernapasan.
  • Jika ayam selalu malas, jika kandungan air segar, ayam akan terlihat lebih agresip.
  • jika air yang ayam minum sehat dan bersih, maka bisnis anda juga akan lebih sehat.... 
  • Jika anda melakukan flushing sebelum vaccine air minum maka hasilnya akan lebih efektive
  • Ini adalah system biosecurity HSCCP.


Terimakasih semoga bisa membantu.
Harap maaf jika tidak menampilkan gambar dalam tutorial flushing air minum ini.




Halloween text generator

11 comments:

gak bisa ternak ayam aku =)) paling buat bacaan bokap :))

gan, ane gak bisa ternak ayam mas . . .
paling bisanya makan ayam doank . . .
tp thanks ya mas atas infonya . . .

ditunggu kedatangganya ke blog saya ya mas

cocok bgt nih informasi buat para peternak ayam, kalau rizky mah g punya ayam

Renungkan Wahai Sahabat Ku

Ternyata Kebersihan bwt ternak juga ada tekniknya ya..mantaps sob...thnks infonya

harus bener2 telaten yaa... tapi biasanya ini untuk peternakan yang skala besar yaaa...

@ade:
ok sob.. salam knal kang.. :)

@sendz;
hehe... iya gpp buat bokap nya jga.. =))

wahjoe:
wah bagus kang kalau masih doyan makan ayam, jadi saya bisa beternak terus nih... ;))

rizky2009;
ok sob..thanks

@infokomp;
ok sob... tehap kebrsihan juga bukan hanya untuk manusia juga.. begitu juga hewan ternak sepeerti ayam..membutuhkan tempat hidup yang nyaman dan aman tentunya..

@harto:
gak besar juga gak apa2 sob.. tujuan nya hanyalah untuk membersihkan tempat minum dari penyakit dan baktery yang ada di dalamnya, jadi skala kecil juga bisa menggunakan kaedah ini..

thanks for all :X

Seharusnyalah orang seperti anda yg bisa menyelamatkan manusia dari virus flu burung.. mari terus memberikan informasi2 yg bermanfaat

Rossy R;
terimakasih sobat, mari kita sama2 memelihara kelangsungan hidup yang lebih sehat dengan menyelamatkan ayam (daging ayam yang kita makan) harus lah sehat dan bermutu tentunya :)
salam

flusing dg hiclone atau aquaclean biasa dilakukan tp saat persiapan kandang,, kalau sdh ada ayamnya flushing rutin baru dg air pressure motor nipel (flush). takut resiko pak??? he22

mas ayam aku sekarang kena penyakit radang tenggorokan/manik en.....
apa obat yg cocok mas ............
tp ayamku ayam aduan..............
TERIMAKASIH

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More