topads

Sunday, September 27, 2009

Penyakit Bengkak Hati

Intermezo dulu.!!

Saya menulis artikel di hari ini, adalah masih menggunakan Microsoft office word 2007 dengan New blog post, Perasaan saya sangat kecil hati karena tidak bisa masuk atau login Ke blogger (dasbor saya) entah ada masalah apa??? Ini hari yang ke 3, sebelumnya saya mengalami yang sama di Postingan sebelumnya. menulis artikel menggunakan word, Ok sih…. !!! tapi gak enak, gak bisa memasukan foto dan gambar Dan tidak bisa mengedit yang lainnya. ada fasilitasnya untuk masukan foto dan lain-lain… tapi gak ke upload… !!! Mungkin cara-nya yang belum bisa… ok itu hanya unegk-unegk saya yang masih belum bisa masuk ke dasbor….???

Kita kembali ke permasalahan penyakit yang sering terjadi di lingkungan ayam yang berumur dari 16 minggu lebih.. biasanya di usia Layer.. yang pastinya penyakit hati bengkak atau biasa di sebut fattyliver ini bukan terdapat di ayam broiler yang hanya berumur 5 sampai 6 minggu…!!! Tapi hanya kadang-kadang saja terjadi, Oleh karena itu fatty liver atau hati bengkak sering di temui di ayam yang berusia Fra laying… dan laying "laying adalah" (umur 23 minggu sampai 65 minggu)

Yang menyebabkan terjadinya penyakit hati bengkak adalahAvian leucosis viruses (RNA retroviruses) Virus ini menular melalui berbagai transmisi penting.. yaitu penularan secara vertical (penularan vertical adalah penularan secara langsung dari ayam ke ayam, atau dari induk ke anak)

Ketika ayam yang terkena penyakit ini biasanya dapat di lihat Melalui reaksi atau efek dari penyakit tersebut…. Seperti:

  • Ayam terlihat lebih pucat dari biasanya…. Nampak dari muka-nya.
  • Penurunan ayam secara drastic, dan mengalami kekurusan yang cepat.
  • Menurun-nya produksi telur.
  • Meningkatnya ayam yang Terpaksa di afkir atau di buang sebelum waktunya untuk mencegah penularan secara horisontal, karena mengalami masalah secara fisik yang jelek kurus dan lain-lain.
  • Kalau ayam belum mati di saat ini, akan mengakibatkan tumor di bagian dalam, dan bisa kelihatan dari bagian perut ayam menjadi membesar.
  • Tumor yang sering terjadi pada organ reproduksi, paru-paru, hati, limpa, jantung, ginjal,, dan sumsum tulang.

Sekelompok virus yang umum nya di temukan di peternakan unggas sekitar tahun 1994-1999 secara meluas di seluruh antero dunia peternakan, tapi kini hampir jarang terlihat yang terkena penyakit ini, ada juga tidak sampai mengakibatkan mortality atau kematian yang bisa merugikan pihak perusahaaan yang mengelola peternakan tersebut, di karenakan pemberantasan oleh pihak-pihak peternakan tertentu yang memperbaiki kualitas ayam-ke ayam semakin membaik, jadi kisah penularan virus ini sudah jarang yang vertical (dari induk ayam ke anak ayam) Tetapi bukan berarti harus lengah, dan harus hati-hati siapa tahu suatu saat akan terjadi, kalau kita lengah.

Leukosis limfoid virus, adalah virus RNA dalam keluarga Retrovirus. Di dunia peternakan virus ini sudah terbiasa di kenal, karena virus ini di tularkan melalui telur dari Peternak komersial. Yang memproduksi anak ayam atau yang biasa di sebut Day Old Chick (DOC)

Cara penularan:

  • Menyebar melalui telur (yang akan di proses menjadi ayam komersial)

Tes ELISA Juga bisa mendeteksi baik antigen (p27) dan antibody terhadap virus jenis J

test Elisa biasanya di lakukan hanya di laboratorium oleh Ahli di bidangnya.

Mohon maaf Postingan kali ini saya tidak bisa memasang gambar atau foto untuk memperjelas kasus penyakitnya. Karena masih belum bisa login ke dasbor..

Sekian Dan salam


InfoTernak

7 comments:

ass....wr.wb/lam sejahtera
ehm..postingnya bagus loh,,,alhamdLillah jadi dapetin info.thnxs ya....goodluck n God bless U amien...

infonya udah cukup jelas n akurat kok kak walo nga ada gambarnya, makasih ya udah sharing, mudah2an masalahnya juga cepet teratasi.. huuh maap Tia nga bisa banyak bantu kakak nihh :((

semangat terus ya kak.. jangan jadikan ini sebagai halangan untuk terus berkarya.. Tia dukung kakak terus :)

salam sobat
wah penyakit bengkak hati ,,sama ya,,dengan liver,,
sama2 yang diserang hatinya.

keren dah pokoknya............

comment back

met malam sob, lam kenal http://catatankahfi.blogspot.com

ehhh..bagus juga neh infonya...

Ayam yang terkena RNA apakah boleh dikonsumsi ?

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More