topads

Saturday, November 21, 2009

Memulai Peternakan Ayam

Mampu kah saya beternak?


Untuk memulai bicara mengenai peternakan ayam, Beternak adalah memelihara hewan peliharaan yang bisa menopang hidup kita sehari2, mau kecil-kecilan ataupun yang besar. karena Kita memelihara Makhluk hidup alias bukan benda mati, disini perlu Extra perhatian...

yang ada dalam pikiran kita yang pertama adalah bagaimana ayam bisa hidup di pelihara?? bagaimana jika ayam sakit? dari mana saya dapat modal? terus kalau rugi siapa yang harus di pertanyakan? kalau ini..kalau itu... dan kalau-kalau yang lainnya...!!!!

Kadang ada berbagai rintangan yang menurut saya rintangan psikologi (tidak percaya diri) karena ocehan tetangga sebelah atau orang lain, seperti..
Awas jangan terjun kedunia peternakan karena berbahaya, bagaimana kalau ayam mati... duit entar hangus dan habissss????

Argghhhhhh...!!! semua di dalam hidup ada pengorbanan dan jalan-nya masing masing, ada rugi dan untung, sukses dan gagal, bagaimana orang yang mengendalikannya.
jika jika kita ingin terjun ke dunia Khusus ternak, ataupun yang lainnya... yang pastinya kita harus faham akan seluk beluk dan liku-liku tatacara dalam Hal ternak, dengan mengetahui dan dengan dorongan rasa ingin mendalami pengetahuan yang nantinya akan di buat modal usaha, Modal keuangan saya rasa gampang, tapi yang paling sulit adalah... modal diri, modal kesiapan, modal pemahaman, modal skill dan segi management yang lainnya.. dan yang paling penting, anda jika sudah memulai dengan satu cycle, di sana anda akan banyak mendapatkan pengalaman dengan mempelajari sambil berjalan.
anda pasti bisa memulainya, jika anda mempunyai kepercayaan diri

Demikian pembicaraan saya ketika di hari minggu pagi, sambil minum segelas kopi di warung kopi tentunya.ketika sebuah perusahaan ayam kecil-kecilan ingin bergabung dan ingin membeli anak ayam dari perusahaan yang saya kendalikan sekarang....

Nah untuk anda yang mengalami pertanyaan seperti di atas, alangkah baiknya tanamkan kepercayaan diri anda untuk memulainya. dan mulailah dengan modal seadanya, jangan terlalu muluk2 dulu, belajar sambil berjalan.

dan ada pertanyaan lain susulan di antaranya:

Kenapa ayam bisa sakit?
saya menjawab dengan rasa ingin memberi tahu apa yang saya ketahui, dan saya yakin memberikan jawaban yang tepat adalah modal utama dalam menjalin hubungan (bisnis).

Penyakit berlaku apabila terdapat gangguan-gangguan system organ badan ayam, sehingga yang menyebabkan organ ayam tersebut tidak boleh berfungsi dengan sempurna.

Penyakit biasanya berakibat dari berbagai macam faktor faktor yang membuat ayam tersebut sakit, seperti:
  1. Ketahanan ayam atau yang biasa di sebut antibody ayam terhadap penyakit di sekitarnya akan menurun, di sebabkan oleh faktor2 yang tidak langsung menyebabkan ayam sakit, misalnya dari amonia yang di hasilkan oleh sekam yang tidak bagus (atau basah), Tempat minum kurang bersih dan akan menimbulkan tumbuhnya bakteri, dan jika bakteri tidak di bersihkan dari tempat minum, maka bakteri akan secara bebas berkembang biak di dalam kandang, yang akhirnya akan menimbukan penyakit terhadap ayam anda.
  2. dan setelah ayam terkena oleh penyakit, maka faktor2 langsung akan segera terjadi, dari penyebarannya , misalkan dari ayam ke-ayam, atau dari Vektor penyebar (vektor adalah benda yang lain, yang berpungsi sebagai perantara secara langsung) seperti, burung, lalat, orang yang mengurus, kendaraan yang bolak balik tanpa disinfeksi terlebih dahulu, dan lain-lain.

Apa kerugian selanjutnya yang akan di alami jika ayam sakit?

  • anda akan kehilangan modal utama, yaitu modal ayam, ayam akan mati dan berkurang sehingga akan mengurangi nilai populasi di dalam kandang.
  • Pembuangan ayam atau afkir ayam akan berlaku setiap harinya jika ayam sakit tidak segera di obati, apabila di obati, maka pilihlah obat yang mempunyai keberkesanan yang di atas rata2.
  • biaya pengobatan yang akan terasa tinggi.
  • Jika terlalu sering sakit, ayam akan mengalami pembesaran yang lambat.
  • Produksi daging akan rendah, karena ayam tidak bisa besar dengan maximal.
  • Biaya pengeluaran akan meningkat.
  • Yang paling bahaya adalah "JIKA" Anda akan mengalami semangat berjuang, dan kehilangan kepercayaan terhadap diri sendiri.

Maka dari itu, persiapkan kesiapan diri dalam hal hal yang mengenai Ternak, dan mengenal Sedikit atau banyak tentang peternakan,segala sesuatu butuh dasar2 yang kita butuhkan untuk membantu modal dari dalam diri (ilmu) kita nantinya kelak.
Akhirnya costumer menandatangani perjanjian bahwa bulan january nanti dia membeli ayam sebanyak 1500 ekor untuk memulai peternakan secara kecil2an.. selamat berhasil sobat.


Gak ada yang tidak bisa di lakukan, jika kita mempunyai keinginan dan pastinya dengan semangat dan tidak mempunyai rasa putus asa... terus berjuang dan jayakan peternakan kita.

Salam




Halloween text generator

44 comments:

Alhamdulillah, dapat ilmu wiraswasta di sini. Terima kasih Pak

katanya ayam ras/pedaging tidak bisa mendengar bunyi guntur petir yaa..??? gmana kan sekarang udah musim hujan mas??

ilmu wirausaha yang bermanfaat nic, sukses yaa

benar sekali, sesuatu itu dimulai dari yang kecil, dengan ketekunan dan disiplin insya allah suatu usaha akan berhasil. disamping hal2 yang sudah disebutkan di atas tentu saja.
makasih sudah berbagi.

mencoba 1500 ekor, kecil-kecilan?? waduh....
makasih ya, banyak ilmu disini.

Ayam bisa merugikan besar juga ya.. :-o

saya lebih suka maen harvestmoon dulu lah.. ga ada resiko.. :p

saya lebih suka maen harvestmoon dulu lah.. ga ada resiko.. :p

saya lebih suka maen harvestmoon dulu lah.. ga ada resiko.. :p

terus berjuang mas.. pantang menyerah..! :D

@muchlisin:
terimakasih atas kunjugan nya pak ustadz, salam buat muslimin dan muslimat di seluruh dunia :X

@rumah blogger:
Mungkin pertanyaan anda adalah, ayam broiler tidak boleh mendengar petir (gitu mungkin ya).
oh iya.. biasanya tidak hanya petir, intinya adalah ayam tidak tahan dengan stress yang di karenakan oleh suara yang mendadak dengan suara yang keras, misalkan petir, atau petasan, atau Drum yang jatuh, dan akan menimbulkan suara yang "mendadak" tanpa aba2, nah disana ayam akan merasa stress, karena syam sudah terbiasa dengan situasi yang tenang dan tidak biasa dengan suara bising..
tetapi jika musim hujan, memang kadang2 terjadi petir, tetapi jika petir di mulai dengan hujan yaang lebat, dan hasilnya sudah ada aba2 suara hujan yang keras ke atas genting. maka jika terjadi petir, ayam tidak akan strees parah...
dan penanggulangan nya, bisa di putar musik di dalam kandang, dengan suara yang bisa kedengaran di sekitar kandang, dimana ada suara dadakan ayam tidak akan merasa kaget di buatny.
dan untuk support anda bisa memberi vitamin K, untuk mengurang stress jika terjadi banyak petir.;))

@Sda & Narti:
benar yang di katakan mba, jadi intinya ada kemauan pasti ada jalan, tentunya sambil berdo'a dan berusaha..

@impian deso:
bukan begitu maksudnya sob, ayam bukan mengakibatkan kerugian yang besar, tetapi jika penanggulangan-nya salah, maka kerugian memang akan besar.
tapi banyak untung nya loh... bayangkan jika kita memelihara aya sebanyak 500 ekor saja, keuntungan kalau ayam bagus, bisa mencapai 4 juta selama 40 hari atau 45 hari... itu sudah di ambil biaya ini dan itu, tetapi jika ayam tidak di tangani dengan baik, kerugiannya juga akan lumayan terasa, tetapi jangan takut untuk beternak. mulai lah hari ini :X

@randi hawai:
woooowww... apaan sob harvestmoon itu :-O saya malah gak tahu :(

@maknyuzz:
sama-sama sob, dan makasih atas kunnjungannya..

thank for :X all

salam kenal mas muksin...
trims sudah berkunjung...
btw, jadi ingat dulu waktu saya kecil, ortu juga pelihara ayam petelur...
serius mau nyobain wordpress nih?
semoga sukses ya...

thank info nya bro.... jadi kepengen ikutan nih beternak ayam

Setuju, semua harus ada pengorbanan,saya pribadi paling seneng dgn ayam, dulu waktu mash kecil (SD) saya diberi ayam 2 kampung (satu jantan dan betina) dlm waktu 6bln sdh dapet 36 ekor dan siap potong,akhirnya waktu lebaran pesta ayam....

sayangnya di desa saya ayam sudah hampir tidak boleh di ternakkan... maklum masih takut sama penyakit flu burung

wahh mas,saya gak ngerti nih dengan ternak ternakan :).

Hal yang paling ditakutkan dalam betenak ayam datang ketika menjelang musim hujan. Kemaren saja banyak ayam tetangga saya yang tiba-tiba mati. Untuk menghindari kerugian, akhirnya ayam yang masih hidup dijual dengan harga sangat murah. Pertanyaan saya, kenapa menjelang musim hujan banyak ayam tiba-tiba mati ya mas?

Enw, jenis ayam apa yang dipelihara nih mas? Sukses selalu ya mas. :)

@iwan kus:
salam kenal juga mas iwan :) dan saya ucapkan terimakasih juga buat anda yang telah sudi mampir ke blog sederhana saya ini :X

@mas wilyo:
ayoo.. cepet2 aja ikutan mas, siapa tahu ada rejeki tambahan dari peternakan :X

@jurug:
sama sobat, jangan kan di desa anda, malahan di seluruh dunia peternakan akan mengalami perasaan yang sama, bahwa sangat takut dengan flu burung ini, akan tetapi kami ( di perusahaan) sangat memperketat penjagaan kesehatan (bisecurity) jadi insya allah dengan penjagaan dan pengawalan yang ketat bisa memperkecil kemungkinan akan terjadinya serangan flu burung dan penyakit lainnya.. salam :)

@labecan:
oh yang mana mas:)? oh mungkin yang 500 ekor ya? kalau di indonesia saya tidak bisa memprediksikan berapa modal yang harus di gunakan untuk memelihara 500 ekor, soalnya kebutuhan seperti makanan dan berapa harga daging saya tidak begitu tahu, soalnya saya berada di berunei darussalam, akan tetapi jika di ambil harga makanan tertinggi, saya memperkirakan jika memelihara ayam 500 ekor bisa menghabiskan biaya sebanyak 13 juta rupiah.

@the international times:
iya gak apa2 sob, semua orang mempunyai keahlian masing2, dan jika anda ingin berkecimpung di dunia peternakan, tidak lah sesulit yang kita lihat, gampang ko, yuk mulai beternak utnuk mendapatkan penghasilan tambahan :)


@kharis sulistiono:
terimakasih atas pertanyaan and sobat, dan saya ingin menggaris bawahi, pada umur ayam berapa hari tgerjadi kematian? dan apakah pas menerima D.O.C atau anak ayam, sudahkah terjadi hujan?

jika jawabannya iya..!!
maka pada penanganan anak ayam ketika datang kurang berhasil, untuk mengetahu cara menerima ayam yang baik dan benar silahkan lihat di sini cara penempatannya
dan karena musim hujan dengan rata2 yang tinggi, akan mempengaruhi kelembaban udara di dalam kandang, yang mengakibatkan skam jadi lembab dan basah, ketika sekam lembab, akan mengakibatkan tingginya amoniak yang berada sekitar 10 cm dari lantai, maka ayam secara langsung akan menghisap udara yang mengandungi gas amoniak secara langsung, maka pengudaraan yang tidak sehat terjadi di dalam akndang yang basah tersebut, utntuk memeriksa amoniak, maka kita bisa mendeteksi kandungan amoniak di dalam kandang dengan menggunakan amonia meter, dan untuk anjuran amonia di dalam kandang jangan sampai mencapai paras 25 ppm, apalagi sampai terjadi sekam basah dan gumpal yang akan menghasilkan kandungan amonia mencapai paras 50 ppm, dan ayam akan terasa pengap dan akhirnya akan menghidap penyakit aseitis, dalam itungan beberapa jam saja ayam akan mendadak mati, teriamkasih semoga bisa membantu
salam :X for all my friend!!

wah kebetulan nie, paman ane juga peternak ayam.. jadi bisa bantu kalo ada masalah peternakan lewat blog ini ..
Mantab ..

infonya bagus sekali.. kalo ada yang tertarik usaha ternak ayam, jangan lupa promosiin di iklandashyat ya.. hehe :D

Assalamu'alaikum Maaf baru bisa berkunjung balik dikarenakan baru pulang tugas dari Surabaya salam kenal juga n salam buat keluarga.

Salam sukses n ay lap yu pulll

besok kalo dah bertelur gue mintya telurnya sob......

http://www.pes2010patchs.com/

tuker link OK????
dah ane pasang tuh

wah, ini dia si master peternakan. malah dulu sama temen-temen mau ternak lele dumbo, tapi gak jadi..wkwkw.. waktu itu masih sma c, masih suka ngayal..hhe..
sukses ya pak peternakannya!

Menarik. Sangat menarik. Saya sangat suka blog ini. Ini perspektif yang berbeda dari kebanyakan blog. :)

Dulu gue sempat melihara ayam 1 biji...
Weleh,,,ribet juga urusinnya...
Akhirnya gue potong deh tu ayam, wkwkwkwkw...

Nambah wawasan lagi nih... Makasih yaa... atas ilmunya.
Semoga suksess n Tetap semangat

Mas muksin pasti sudah sukses beternak ayamnya yah :)
makanya bagi2 ilmu :)
saya dapetin ilmu mengenai wiraswasta dibidang perternakan nih :)
makasie banget...
soalnya saya dibidang pertanian...
ngga jauh2 lah dari perternakan :)
ternak kan juga masuk bidang pertanian :)
sukses mas... dituggu artikel selanjutnya tentang ilmu wiraswastanya :)
khususnya ilmu ternak ayam ^_^

wah jarang jarang nieh dapet info tentang ternak ayam :D bookmark dulu deh ;)) thanx sob ;))


Chicken Recipe

wah informasi pengalaman peluang usaha menarik nih bos, pengalaman kamu bisa dijadikan belajr buat blogger lain.
keep posting.....

kawan2 semua, barangkali ada diantara anda yang mempunyai bisnis peternakan atau mempunyai link di komunitas peternak, saya ada produk baru yang mampu meningkatkan berat badan ternak dengan pesat, meningkatkan total solid susu, dan menekan angka kematian ternak sampai 0%. Produk kami ini bernama PRO-A, adalah campuran pakan ternak, jadi berupa "nutrisi" dari pakan ternak pada umumnya. Mempunyai kadar protein sampai 81% dan sudah teruji di beberapa institusi terkemuka di Indonesia, dengan takaran pemakaian max 2% dari total ransum pakan ternak, ini benar-benar solusi yang murah bagi peternak karena tidak perlu lagi beli produk2 pabrikan yang jauh lebih mahal. Silakan cari pembanding produk2 lain dengan kadar protein setinggi ini apakah ada atau tidak? dan jika ada yang mendekati, pasti harganya mahal. Proyeksi 1-2 tahun ke depan, kemungkinan produk ini bisa booming dan bahkan mungkin bisa masuk menjadi salah satu program ketahanan pangan nasional. Jika mungkin ada yang ingin mendapatkan info lebih lanjut silakan hub. 081234848989 atau email ke ciptaglobalraya@yahoo.com. Terima kasih atensinya kawan2..

saya sedang membutuhkan data beart ayam broiler dari awal pemeliharaan hingga akhir...
sebenarnya ada adata tapi dari 1 hari hingga 35 hari saja, sedangkan dosen saya minta hingga lebih dari 50 hari agar pola semaikn terlihat...
apakah bisa membantu dmn saya bisa mndapatkan data ini?
kira - kira struktur datanya seperti ini :
hari berat
1 37
3 45
...
...
35 1700
39 1900
...
...
51 2200

atau pgukuran minggua juga boleh...
mohon bantuannya...
karena saya bukan jurusan peternakan jadi saya terkendala untuk melakukan penelitian sendiri, selain itu juga terkendala biaya...
trimakasih

nama saya ERA mahasiswa statistika universitas brawijaya,
saat ini saya sedang skripsi tentang MODEL PERTUMBUHAN AYAM BROILER,
saya sedang membutuhkan data berat ayam broiler dari awal pemeliharaan hingga akhir...
sebenarnya ada adata tapi dari 1 hari hingga 35 hari saja, sedangkan dosen saya minta hingga lebih dari 50 hari agar pola semaikn terlihat...
apakah bisa membantu dmn saya bisa mndapatkan data ini?
kira - kira struktur datanya seperti ini :
hari berat
1 37
3 45
...
...
35 1700
39 1900
...
...
51 2200

atau pgukuran minggua juga boleh...
mohon bantuannya...
karena saya bukan jurusan peternakan jadi saya terkendala untuk melakukan penelitian sendiri, selain itu juga terkendala biaya...
eamil saya : fresh_are@yahoo.com
trimakasih

Terimakasih atas info yang sngt berguna, saya mohon info dari yang tau detail mengenai 2 hal:
1). Hukum resmi yg berlaku dalam hal pemeliharaan ayam diblk halaman rumah pribadi.
2). bgmn menghilangkan bau kotoran ayam: mulai dari sistim kandang, pemberian pakan dan juga penyemprotan. trmkasih atas info yang diberikan

perasaan akan gagal memang selalu menghantui kita saat pertama ingin bisnis, yang cuma ternak doank.. semuanya..

oiya, pak bos, untuk memulai bisnis ternak, di sini ada ndak rincian modal awal, apa aja yang harus dilakukan dll..

kalo ada email me yah.. ke hyo_oga(at)yahoo.com

thanks,
Yuga EKo

Young Inspiration
Handphone n Gadget Review
Weight Loss n Diet Program

Ya...artikel diatas mudah-mudahan menjadi motivasi yang mendukung kelancaran para calon orang berhasil yang ingin terjun ke bidang peternakan ayam...dengan seluruh itikad baik dan tiap tetes keringat yang kita cucurkan untuk berusaha dijalan-Nya, ayolah majulah para "anak kandang"!!!!
Kreatif dan inovasi, majulah para wirausaha....

Saya ga bisa ber_kata2 setelah mebaca semua isi di halaman ini, saya cuma blg, semoga semuanya yang membuat artikel ayam ini,dan bla-bla dsb nya, mendapat pahala yang banyak, dan tercapai segala keinginan nya, mendapat syafaat dari allah untuk anda,anak, keluarga,& kerabatnya, amin
karena telah menuangkan segala macam ilmu ayam yang mungkin hampir 80% banyak orang yang tidak tahu.doakan saya juga saat ini baru berjaln 6 bulan berternak ayam, semoga berhasil amin ya allah.

ttd
M.Hafid

tolong pendapatnya. untuk ternak ayam plasma atau kemitraan gimana menurut anda

mohon bantuannya ya mas...berapa hari umur ayam potong yg ideal untuk d'panen, mulai dari masuk kandang indukan sampai panennya..... tlng kirim k'email saya junyaboorigin@yahoo.co.id

Hai...hai...hai...
Ga sengaja nemu blog ini. Salam kenal dari newbie dalam dunia ternak ayam.
Artikelnya sangat membantu, kebetulan kita baru nyampe tahap pembuatan kandang ayam.
Sukses ya...

Selamat siang, salam sukses selalu saya baru saja memulai bisnis ayam petelur,. Tp lokasi saya kurang bgt baik akan suara keributan, krn berada dekat dengan auri,dan sering melakukak latihan menembak, dan ayam pun sudah tifak kaget lagi dengan suara tembakan,krn sudah terbiasa,. Pertanyaan saya apakah akan mempengaruhi produtifitas telur nantinya,.?

Terima kasih

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More