topads

Saturday, April 10, 2010

membuat kandang ayam

membuat kandang ayam
Pada artikel sebelum nya tentang membuat kandang ayam, di sini tentang brooding doc, dan di peternakan ayam,

Kini informasi peternakan ayam akan membantu anda, bagai mana memelihara ayam dan membuat kandang ayam yang sederhana, tapi dengan cara ini kita bisa meng-eksplore kepada bentuk skala besar tentunya, akan tetapi kita lebih baik belajar dan berawal dari hal yang kecil dulu.... seperti dalam contoh sebelumnya, kita membuat contoh hanya dengan total ayam sebanyak 75 samapi 100 ekor, praktek ini bisa di terapkan dalam memelihara ayam kampung , atau memelihara ayam broiler, semua teknik dasarnya pasti sama.. hanya mungkin dalam manajemen saja yang berbeda.

cara membuat kandang ayam tidak lah sulit, sebagai contoh, bagai mana saya cara membuat kandang ayam yang se-sederhana mungkin, dengan modal yang sederhana juga tentunya, akan tetapi kandang ini sudah saya terapkan 10 tahun yang silam (ketika saya memelihara ayam kampung ...di indonesia)

Kita lihat gambar di bawah ini.
membuat kandang ayam



gambar indukan yang di buat dari kayu
Di bawah ini adalah gambar update terbaru... untuk mempermudah memahami gambar yang sebelumnya.


Gambar di atas terlihat ada berbagai keterangan dasar, coba perhatikan tulisan jelek saya :)
  • Ram kawat yang alas nya berwarna hitam
  • dinding papan yang di buat rapat. kotak yg berwarna putih
  • skets yang dapat di lepas yang berwarna merah.

Keterangan gambar:
  • Dinding yang terbuat dari papan, di pergunakan untuk malam hari saja.
  • Dan yang di batasi dengan sket yang dapat di lepas, lihat gambar. adalah kandang kotak yang di buat dengan kawat ram.
  • Kandang yang di buat dinding nya dari kawat ram, di pergunakan untuk siang hari.. 
  • Skets pemisah sebaiknya di buat dengan papan atau teriplek saja, dan ketika membuka dan menutup.. harus dapat di buat dengan cara menarik papan skets tersebut ke atas... buat saja ya seperti itu.

Kenapa harus di buat dengan memakai kandang papan dan kawat??
Tujuannya adalah, ketika malam hari DOC membutuhkan suhu yang hangat, dan suhu yang hangat tersebut akan lebih baik jika ayam berada dalam kandang yang bisa tertutup..

Kenapa tidak di buat dari seng??
Karena jika terbuat dari seng, suhu seng yang di hasilkan dari suhu sekitarnya akan mempengaruhi suhu ayam, karena seng akan menghasilkan suhu yang dingin bila di banding kan dengan papan, papan tidak akan merubah suhu pada malam hari, kondisi suhu akan tetap seadanya.

Kenapa siang hari harus di simpan di kawat Ram??
Karena jika siang hari di simpan pada kotak papan tersebut, maka ayam akan mengalami suhu yang panas, itu tidak baik untuk kesehatan anak ayam atau DOC.

Apa keuntungan jika siang di simpan pada kotak ram??
Keuntungan nya adalah, ayam akan lebih menghirup udara pada siang hari, dan mendapatkan sinar matahari yang akan embantu pertumbuhan ayam tersebut, dan jika ayam tidak terkena sinar matahari langsung, maka kita harus membuat kandang , dan meracik makanan yang khas untuk closing house atau akdang tertutup, untuk membuat kandang yang khusus di buat dengan systerm closing house tidak lah gampang dan tidak murah.. jadi harus menyediakan modal yang besar,... untuk itu lebih baik kita menerapkan teknik yang sederhana ini.

Sampai kapan ayam di pelihara pada kotak indukan seperti ini?
Untuk memelihara anak ayam / DOC di dalam kandang ini, tidak harus lama, misalnya kita hanya memelihara ayam sampai umur 2 minggu saja, dan jika ayam semakin beranjak besar, maka tempatkan lah ayam pada kandang yang lebih besar lagi tentunya, pemeliharaan intensip seperti ini, boleh membantu kematian pada tahap awal, bila untuk ayam kampung, kaedah ini sangat berfungsi dengan baik. dan apabila anak ayam di peliara dengan cara alami (di asuh oelh induk ayam) dan dengan makanan seadanya , induk ayam akan mengajak anak2 nya menoreh sampah di tempat kotor, dan tempat kotor ini sangat tidak baik untuk kesehatan anak ayam.
maka teknik memelihara anak ayam pada kotak indukan ini sangat berfungsi dan saya juga berhasil.

Jam berapa saya harus menjemur anak ayam di dalam kotak indukan tersebut??
Sebaiknya menjemur anak ayam di dalam induka tersebut tidak harus lama, kita mbutuhan 1 jam samapi 1.5 jam, waktu yang baik adalah jam 9 pagi sampai jam 10 pagi, jangan menjemur ayam pada sore hari.

Pada ayam umur berapa hari saya harus mulai mejemur ayam dalam indukan tersebut?
ada boleh mulai menjemur jika anak ayam sudah berumur 3 hari

Bagai mana cara perawatan nya, agar kandang ini bersih dari penyakit?
Untuk perawatan, kandang ini kan tidak besar, jadi pada pagi hari, sebaiknya kandang ini di jemur, untuk mendapatkan sinar matahari, sementara ayam akan di pindahkan ke kandang dengan dinding kawat ram (lihat gambar) dengan membuka sket pemisah, maka ayam akan lari dan pindah ke kotak ram tersebut.
setelah ayam pindah semua, maka kita ada waktu untuk membersihkan kandang ayam yang  tertutup, coba bersihkan dengan cara membuang kotoran dan mungkin makanan yang pada jatuh di alas kotak tersebut..

Jika makanan jatuh pada kotak tersebut, sebaiknya harus segera di buang, karena kalau makanan jatuh dan membusuk, akan menghasilkan jamur, dan makanan yang sudah menjamur, tidak baik untuk di konsumsi oleh anak ayam. maka dengan bersungguh2 ada niat di hati untuk memelihara ayam dengan baik,

Dalam arti baik dari segi teknik, segi disiplin pada diri sendiri, disiplin pada diri sendiri akan lebih baik dari modal apapun, karena jika sudah tidak di siplin pada diri sendiri, ayam akan tidak ter urus, seperti ayam lambat memberi makan, atau ayam kehabisan air minum, atau kandang ayam kotor... dan hal lain-lain.

Pada malam hari, bagai mana ayam telihat dengan suhu yang cukup?
Kita bisa melihat dari suhu yang di butuhkan, jika ayam sudah cukup hangat, maka ayam akan diam dan tidur dengan nyenyak, coba anda perhatikan pada malam hari, sebagai contoh baca sebelum nya di sini kita menggunakan lampu tempel sebagai bahan pemanas, nah jika ayam sudah terbiasa tidur dengan lampu tempel yang hangat, maka jika anda lupa menyala kan lampu tersebut, anak ayam akan berteriak-teriak dan tidak mau tidur, karena anak ayam merasa ada yang kurang... tidak percaya??? coba anda buktikan sendiri.. :)

Bagai mana cara penyimpanan lampu tempel di kandang tersebut?
Untuk penyimpanan pamu tempel, anda harus menyimpan dengan se-hati hati mungkin, buat lampu agar tidak terjatuh karena terdorong ayam, buat dudukan ayng kuat dalam kandang tersebut,


Untuk penyimpanan tidak sembarangan, perhatikan keternangan di bawah ini:
  • Lampu tempel di simpan di dalam kandang indukan di bagian tengah
  • Buat lubang pada bagian atas kotak indukan tersebut, yang fungsinya untuk mengeluarkan ujung kaca lampu keluar.
  • dan lampu tempel sebagai pemanas tersebut, kita simpan di bawah lubang yang di buat tadi , 
  • Jadi asap yang di hasilkan dari lampu tempel tersebut keluar dari kandang ayam
  • Posisi ujung lampu tempel tersebut harus lepas keluar kira-kira 5 cm dari lubang (yg kita buat di bagian atas kotak indukan)
  • Jika lubang kaca tersebut kurang panjang, maka berusaha lah supaya ujung lampu bagian atas yang mengeluarkan asap harus keluar, dengan cara menyambung dengan menggunakan pipa yang ukuran nya lebiih besar dari ujung lampu tersebut, kalau orang sunda ujung lampu tersebut biasa di panggil dengan sebutan song-song , 
  • jika suhu ayam kurang panas, maka tinggla putar saja agak cahaya lampu bertambah, dan kalau cahaya lampu bertambah maka suhu di dalam kandang juga akan bertambah tentunya, perhatikan ayam jangan sampai membuka mulut karena kepanasan ketika anak ayam ini tidur.
  • saya yakin anda sudah faham bagai mana penyimpanan lampu sebagai bahan pemanas kotak indukan ini.

Teknikal Tambahan untuk membuat kandang ayam
Untuk membari makanan pada kotak tersebut, sebaiknya jangan terlalu memberi makanan yang banyak ketika mereka tidur, berikan secukupnya saja, dan lebih baik memberikan makanan pada pad=gi hari ketika mereka berada pada kotak yang di buat dari kawat ram tersebut

Untuk anak ayam yang berumur 0-6 minggu (jika anda memelihara ayam telur dan ayam kampung), setiap 1 meter persegi, sebaiknya di pergunakan untuk paling banyak 20 ekor ayam,

Panduan untuk suhu yang di perlukan selama anak ayam membutuhkan suhu yang ideal dengan menggunakan kotak kutuk sebagai indukan ini:
  • anak ayam  atau DOC yang berumur 1 minggu panas yang di perlukan 32 sampai 35 derajat celcius, atau maksimal 95 derajat F. masih menggunakan pemanas sebagai indukan
  • Anak ayam atau DOC yang berumur 2 minggu , panas yang di perlukan 30 sampai 32 derajat celcius, atau maksimal 90 derajat F masih menggunakan pemanas sebagai indukan
  • anak ayam atau DOC yang berumur 3 minggu, panas yang di perlukan 29 sampai 30 derajat celcius. tidak memerlukan pemanas
  • Anak ayam atau doc yang berumur 4 minggu 26,6 derajat celcius. tidak memerlukan pemanas
Lanjutan artikel ini bisa anda lihat di sini [ cara memelihara DOC ]
Terimakasih semoga bisa membantu.

Halloween text generator


Web Site Hit Counter

43 comments:

Salaam. Saya berterima kasih dapat menimba ilmu penternakan ayam daripada website ternak ayam ini. Saya juga ada menjalankan aktiviti penternakan ayam, jadi mungkin kita boleh bertukar-tukar pendapat atau ilmu. Terima Kasih.

ok... makasih banyak... visit balik ya?
http://all-tipsblog.blogspot.com

Ini mungkin akan menjadi peluang usaha yang menjanjikan untuk saya kedepannya.

wah info bagus ne.....
ijin baca2 y mas...
d tunggu kunjungan baliknya..
http://xaxiib.blogspot.com/

kandang ayam di tempat saya cuma untuk tempat tidur ayam ketika malam fren.:D

salam sobat
buat kandang ayam juga harus diperhatikan kesehatan dan kebersihannya ya,,
saya juga ingat lampu tempel ini kalau dulu disebutnya lampu teplok yg dipakai untuk di kandang ayam.
trims sharingnya mas.

Sobat izin copy - paste untuk baca dirumah, kalo bisa diaplikasikan. Sukses !!

ilmu yg bermanfaat, ijin copas ya mas

mantap nambah-nambah ilmu..terima kasih mas atas sharenya

Kandang ayam yang sangat baik... klo dikampungku membuat kandang ayam bisanya dialam terbuka diberi pagar.. dan saung untuk berteduh.. kelemahannya adalah menangkal musang cukup sulit.Peace

alltipsblog;
sama-sama sobat... makasih udah mampir :)

@arvandy;
silahkan sob di peraktekan..

@olengk;
ok sob... saya pasti berkunjung balik ko :X

@gambutku;
gak apa2 sobat.. jika memelihara hanya sekedar hobi, biasanya gak muluk2 ... yang penting hobi nya tersalurkan.. siapa tahu dari hobi yang kecil2an akan terpacu ingin lebih banyak.. yang tentunya peternakan ayam juga akan sangat menjanjikan ke untungan yang lumayan.. bener gak sob :)

@pengelana;
sama-sama sobat.. thanks udah mampir :)

@nura;
memang betul.. membuat kandang ayam juga tidak hanya sekedar jadi. akan tetapi perlu di perhatikan selain kebersihan makanan dan minuman. kita juga harus memperhatikan kebersihan kandang dan lingkungan nya , untuk menjaga agar ayam tetap sehat dan berhasil :)

@gieteror;
thanks sob..

Golden info:
silahkan sob.. kopas saja, di sini tidak ada larangan kopas.:X bebas ko"

@arun P;
thanks sob..

@rumah bloggger;
silahkan mas jika menurut anda artikel tentang alternative membuat kandang ayam ini berguna.. silahkan di kopas saja.. saya mengucapkan banyak terimakasih karena bisa berbagi :;)

@sabirinet;
makasih kembali bos ..:)

@Lembaga pelatihan:
itulah pak kelemahan jika kita memelihara ayam di alam terbuka, selain sangat sulit untuk mengendalikan kesehatan ayam, karena namanya juga alam terbuka, ayam secara bebas hidup tanpa kita kontrol, misalnya ayam akan mengalami sakit yang sering, seperti ayam mengalami pilek, batuk.. dan ngorok..
dan di alam terbuka, ayam seperti yang bapak katakan sangat sulit mengontrol musang yang menjadi musuh utama, akan tetapi, ada keuntungan jika kita memelihara ayam di kandang terbuka.. bagai mana caranya.??
kedepan nya saya akan membagikan alternative untuk menjadikan kandang terbuka sebagai lahan memelihara ayam yang baik.. :X

terimakasih untuk sobat blogger semua ;)
salam

Wah keren blognya
Cocok buat para peternak ayam.

sobat izin copy-paste untuk baka,dirumah,kalo bisa diaplikasikan.suskses!

keren nih, mau coba ah, buat bikinin kandang ayam si entong :D

wah hehehe
mapir juga ya gan
www.revolutionp.com

mo ikutan ah
tapi bakar ayamnya aja

sangat bagus...terimakasih infonya, lebih bagus lagi kalo ada anggaran biayanya.

wah terima kasih untuk infonya buku yang diberikan cukup bagus....
semoga menjadi panduan untuk beternak unggas..

wah bagus yak.. nambah pinter nih kayaknya.
hidup ayam!

makasih atas infonya,artikel ini sangat membantu

wah trima kasih mas atas panduan nya, kebetulan adik saya yg msh SMP ingin coba berternak aya.....

bst rgd

Terimakasih untuk sobat2 semua...
semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi yang membutuhkan.
salam sukses selalu.

saya akan coba untuk ,membuatnya dengan berpedoman dari tulisan ini bang

Makasih info nya bang.. Tar mau tak kasih sama paman saya yg mau buka usaha perternakan ayam ^_^

Hallo...
Saya abdul, seneng sudah baca artikel nya mas, thank ya sudah mau sharing tentang ternek ayam, ini sangat bermanfaat sekali buat saya, izin dulu ya untuk bookmark situs nya mas di komputer saya. Tahanks so much a gain

bagus informasinya bisa buat saya tambah ilmu ada informasi nih bagi yang butuh mesin tetas bisa hub saya 085230437283 trims ya

makasih udh sharing ilmunya, sy indra br memulai usaha broiler sdh punya 2 kandang populasinya 10.000 rencana mau tambah lg klo boleh sy minta tolong klo gak ngerepotin, di bagi spec kandangnya ke emailku asc11rly@yahoo.com
sy liat yg ini mantap bgt -->> http://2.bp.blogspot.com/_4MMULzAbbto/S66g8OQlRTI/AAAAAAAAAVM/VSgVIhaJYCg/s1600/Florida_chicken_house.jpg jd sy tertarik merubah bentuk kandangnya supaya tampilannya beda dr yg sy punya
thanks

Wah mantap banget infonya, beruntung bisa ketemu artikel2 penting ni
Thanks

Berapa ukuran ideal kandang ayam broiler untuk menampung 1000 ekor ayam. dan dan tolong bagaimana cara mengkalkulasi keuntungan yang diperoleh bersih dari beternak 1000 ekor ayam broiler. terimakasih

Great tips, I would like to join your blog anyway,

wow.. I am thinking now to create my own here in our backyard.

Thank you so much for this valuable information. Very useful indeed

Great loved it, will be waiting for your future posts

I think you are right when you say this. Hats off man, what a superlative knowledge you have on this subject…hope to see more work of yours.

This is the perfect blog for anyone who wants to know about this topic. You know so much its almost hard to argue with you (not that I really would want...HaHa). You definitely put a new spin on a subject thats been written about for years. Great stuff, just great! Centro Metro

There is obviously a lot to know about this.I think you made some good points in Features also.

you are right when you say this.Hats off man,what a superlative knowledge you have on this subject.hope to see more work of yours.thanks

anak ayam q mulai sakit dan mati pada usia 6 hari,padahal kandang pakan dan air sudah benar(tetes mata pun sudah )

anak ayam q mulai sakit dan mati pada usia 6 hari,padahal kandang pakan dan air sudah benar(tetes mata pun sudah ),bagaimana menanggani masalah saya ini,trima kasih

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More