topads

Saturday, February 20, 2010

Program Vaksin Ayam

Technorati Tags:
Dalam kesempatan ini saya akan membagikan tentang program vaksinasi untuk ayam jenis breeder yaitu ayam Parent Stock PS cob 500
PROGRAM VACCINASI AYAM COBB 500
UMUR (HARI)
UMUR (MINGGU)
DESKRIPSI
NATURE
PENEMPATAN
DOSIS YANG TEPAT
NAMA VACCINE
4
1
ND+IB-LIVE (1)
LIVE
Mata Kanan
1 tetes
Nobilis Ma5+clone30
5
1
Fowl pox
Live
Di sayap
1 tusuk
Chick N Pox
6
1
Coccivac
Live
Air Minum
1
Coccivac D
9
2
VA Chick Vac (1)
live
inj.subcutan
0.2ml
Reo S 1133
9
2
IBD Live
live
Mata Kiri
1 tetes
Gumboro D78
11
2
Mycoplasma 1
Kill
inj. Subcutan
0.25 ml
MG-Bac
16
3
IBD Live (2)
Live
Oral (mulut)
1 tetes
Brusine 2
22
4
ND+IB+live
Live
Mata kanan
1 tetes
MA5+cl 30
22
4
ND+IB+ KiLL
Kill
Inj.dada kanan
0.5ml
New Bronz
31
5
VA-Vac (2)
Live
subcutan
0.2ml
S 1133, 2408
31
5
IBD LIve (3)
LIve
Oral
1
Bursine 2
39
6
ILT –Laryngo vac
Live
M:Kiri
1 tetes
Laryngo Vac
53
8
ND+IB Lasota (3)
Live
M.Kanan
1 tetes
ND+IB Lasota
79
12
Mycoplasma(2)
Kill
Subcutan
0.5
MG-Bac
79
12
Provac4
Kill
Dada Kiri
0.5
ND+IB+IBD+ Reo KiLL
79
12
Fowl Pox
Live
Sayap Kiri
1 tusuk
Poxine
88
13
Coryza
Kill
Dada Kanan
0.5ml
Poulvac Coryza ABC IC 3
88
13
CAV (Chicken anemia Viruses)
Live
Dada Kiri
0.5
CAV P4
88
13
AE-Vac
LIve
oral
1 tetes
AE vac
130
19
Provac 4(2)
Killed
Dada Kan
0.5ml
ND+IB+IBD+ Reo KiLL
130
19
EDS Kill
Kill
Dada Kiri
0.5Ml
EDS Vac
130
19
Coryza (2)
Kill
Subcutan
0.5 Ml
Poulvac coryza Abc IC3
252
36
ND+IB Live
Live
Air Minum

Nobilis MA5+Clone 30
301
43
ND+IB Live
Live
Air Minum

Nobilis MA5+Clone 30
350
50
ND+IB Live
Live
Air Minum

Nobilis MA5+Clone 30
Keterangan Istilah:

Injection subcutan adalah, dimana kita me-Nyuntik ayam di bagian otot atau di bagian bawah kulit , tapi sebelum di daging, Tempat Ini sudah di Ketahui semua orang, Yaitu Di bagian Kepala Sebelah Bawah (Pundak) di sana lah Inject subcutan di lakukan…
Penusukan Di sayap, Biasa Yang sering di sebut dengan istilah wing web, di sebelah dalam sayap ada rongga kulit tanpa daging, di sanalah kita menusukan vaccine tersebut,

Seperti Apa Yang telah Kita Lihat Diatas, Terkadang Ada Dalam tanggal yang sama Kok Vaksin Nya Banyak? Nah Inilah Yang Di sebut Double Atau Triple Vaccine, Di mana Kita Harus Melakukan Vaksinasi dalam Jangka Waktu Dalam Kurun Minggu Yang sama, 
Kenapa Harus 2 atau sampai 3 kali dalam sehari, padahal ko bisa buat besok vaccine yang laiinya?? Ada tidak di antara sobat Yang sempat Bertanya Dalam pikiran ada sepintas???
Alasannya adalah, Jika Kita membuat atau melakukan Vaccinasi dalam waktu yang berbeda akan tetapi dalam masa satu minggu (minggu yang sama) Jika demikian, yang pertama ayam akan mengalami stress yang tinggi, karena dalam melaksanakan vaccinasi ayam postal, stress yang akan dampak pada ayam sangatlah tinggi,.
Jadi Untuk Mengurangi dampak negative tersebut, Maka di Lakukanlah pemaksinan Double atau Tripel (lihat dalam tabel di atas, ada di satu hari, akan tetapi Kok vaccine nya banyak) Langkah tersebut adalah langkah antisipasi dan jaga2 jangan sampai terjadi ayam stress karena vaksin.
Penting:
YANG perlu di catat saat vaccinasi adalah.
  • Catat serial nomber vaccine tersebut (untuk keperluan masa mendatang)
  • Perhatikan atau catat masa kadaluarsa, dan buat ceklist (untuk catatan)
  • Berapa lama anda melaksanakan vacccinasi? Untuk panduan, kalau live vaccine, anda harus menghabiskan vaccine dalam satu kali campur misalkan 1000 dosis untuk 1000 ayam, maka vaccine tersebut dari saat di campur sampai selesai jangan lebih dari 1 jam, karena jika lebih 1 jam kondisi virus yang ada di dalam vacccine akan lemah. akan tetapi untuk kill vaccine, anda boleh lebih 1 jam tidak ada masalah..
  • Catat siapa yang melaksanan kan vaccinasi tersebut? jika ada kesalahan di kemudian hari, anda bisa memperbaiki dengan memberi nasehat kepada vaccinator tersebut agar senantiasa berhati2.

Terimakasih Semoga Bisa Membantu

16 comments:

salam sahabat
wah baru tahu cocok banget buat pakde saya izin saya copas boleh kan??thnxs n good luck ya

@Dhana:
salam kembali sobat... silahkan di kopas.. bebas ko.. :X
thanks sob

:D ternyata ayam jga butuh vaksinasi toh....hmmm bagus juga biar ga tertular virus... info penting ni sob biar suatau saat kalo mo bisnis ternak jadi tau...thx

wah bener banget ayam juga harus di vaksinasi biar sehat..

salam sobat
trims ilmunya mas,,
saya dulu pernah lihat bapak saya ketika memberi vaksin.
ternyata dimata kanan ayam juga diberikan satu tetes ya,,,
apakah untuk mencegah rembes/belek ayam mas,,?

Wah ada ilmu baru di sini.... nambah ilmu nih
makasih ya sob....

wah jd pengen makan ayam nie mas ^__^

terima kasih informasinya kawan ternyata disini sangat menyenangkan ya !!salam blogger

lengkap banget nih vaksinnya. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan

Sayang saya tidak punya ayam untuk diberikan vaksin...tapi memang bermanfaat...

nice posting sob...
bisa juga nih dipraktekan di ayam tetangga..hhe :D

maju terus para penggemar ayam kampung

waduh ini peternak breeder yang berani banget nggak masukin program vaksinasi AI ke jadwal vaksinasinya. apa bisa tidur dia ya? bisa habis semua ayamnya kena AI

tq y... ditunggu info2nya yg lebih detail

Matur suwun pakde,tuk infone...
Hehe....

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More