topads

Friday, February 12, 2010

Penyakit Bumble Foot pada Ayam

Di dalam dunia peternakan unggas terutama ayam, apakah itu ayam broiler atau pun ayam breeder dan maupun ayam layer petelur, kita sebagai peternak sering sekali di rong-rong oleh berbagai banyak penyakit yang setiap saat bisa menyerang peternakan ayam kita, jika tidak di mengerti atau tidak di atasi dari pemahaman kita terhadap berbagai penyakit, maka kegagalan produksi akan sangat terhambat.

Di dalam catatan ini saya akan berbagi pemahaman mengenai sebuah penyakit ayam yang sering terjadi pada organ tubuh ayam di bagian kaki, penyakit ini sangat di kenal dengan istila bumble foot disease, penyakit kangker pada bagian kaki ayam,  penyakit ini adalah penyakit yang di sebabkan oleh infeksi pada bagian kaki (pada awalnya) bisa di katakan atau di kategorikan kangker ganas juga.

Biasanya penyakit ini sangat sering di temukan di peternakan ayam breeder ataupun layer, karena penyakit bumble foot sering terjadi pada ayam yang sudah menginjak usia 25 minggu sampai 40 ( tahap keganansan) karena pada usia ini lah sering terdapat ayam yang sudah terinfeksi bakteri, dan pada usia ayam menginjak 41 minggu sampai 65 minggu bisa di katakan 25 percent dari jumlah ayam sakit pada usia 25 mggu sampai 40 minggu.

BF1 Bf2

Penyakit bumble foot dapat di kategorikan dalam 3 tahap.

  • 1. tahap pertama adalah, di karenakan ayam atau pun burung lama bertengger di tenggeran yang tidak sesuai, yang akan mengakibatkan luka pada pad atau dampal kaki ayam, tanda kemerahan akan timbul dalam beberapa waktu kedepan, maka dengan memberikan cream pada kaki ayam adalah langkah paling baik pada masa itu.
  • 2. tahap serius, pada tahap serius, bagian kaki ayam yang memerah warna nya akan semakin meluas, mengakibatkan ke tidak stabilan pada kaki ayam, untuk kategori ini bisa menggunakan antibiotik untuk pengobatan. 3. tahap fatal. dalam tahap ini, bumble foot dengan ukuran yang lebih besar bisa mengakibatkan ayam lumpuh dan jika tidak di tangani dari awal bisa mengakibatkan kematian.

Akibat dari penyakit bumble foot ini adalah

  1. Berat badan ayam akan drastis menurun pada saat satu sampai 2 minggu (terhitung dari terjangkit nya infeksi)
  2. Ayam akan hilang selera makan
  3. Kaki ayam tidak bisa berfungsi dengan baik (pincang) dan lambat laun ayam yang kita andalkan sebagai panghasil telur, akan beralih ke ayam unproductive (ayam yang tidak bisa menghasilkan telur), kenapa?? karena ayam sakit dan jika tidak di rawat, maka ayam akan mati. Ciri-Cirinya:

    Seperti di uraikan di  atas tadi, Pertama-tama kaki ayam pada bagian jari2 kaki terlihat warna memerah dan bila di pegang akan terasa sedikit panas,

    Lambat laun kian hari kian membengkak dan masih terus berwarna merah, Setelah dalam hitungan 3 sampai 4 minggu (terhitung dari terjadinya infeksi) akan berubah menjadi gumpalan nanah dan akan semakin mengeras pada bagian telapak kaki ayam yang menghidap penyakit tsbt.

     

    Pada dasarnya, jika ayam sudah menghidap penyakit jenis ini, dan yakin bumble foot sudah emnyerang kaki ayam 90 % ayam tidak bisa di obati, paling bisa di buang.

      Penanggulangan dari awal

    Di karenakan jenis penyakit ini di sebabkan oleh bakteri yang mengakibatkan infeksi pada bagian kaki, atau bakteri yang masuk dari bagian tubuh ayam yang terluka dan bakteri tersebut akan manyerang semua bagian persendian pada ayam tsb, maka kaki ayam lah yang menjadi sasaran utama,
    Maka hindari ayam supaya tidak terluka (sebisa mungkin dan semampuh mungkin) seperti halnya di kandang yang menggunakan slat kayu, maupun bambu, atau kawat, maka jangan sampai ada bagian benda tajam di sekitar lahan yang di tempati oleh ayam, walaupun penyakti ini mungkin terjadi pada genetik ayam indukan sebelumnya, maka tidak ada salahnya jika kita mengantisipasi terjadi nya kesalahan pada persekitaran kandang kita, ya misalnya pakku yang ada di kayu menojol keluar, dan sebisa mungkin jangan sampai terjadi agar kaki ayam tidak terluka oleh bagian paku yang keras, atau benda tajam lainnya yang mungkin di kandang anda ada benda keras lainnya.
    Karena penyakit ini tidak terjadi pada saat ayam terluka, tetapi akan terjadi setelah beberapa minggu kedepan, maka benda tajam-lah musuh utama disini.

Jika anda atau di kandang anda menggunakan serbuk gergaji untuk alas (sebagai pengganti sekam)  maka teliti lebih awal atau periksa kualitas serbuk gergaji tersebut, jangan sampai banyak potongan kayu kecil yang tajam (apalagi yang besar smile_sad) walaupun sebesar tusuk gigi misalnya, itu juga sangat membahayakan, secara pengertian kasar, jika tubuh atau kaki ayam terluka oleh bneda tajam tersebut, maka tubuh ayam sudah terbuka untuk bakteri yang jumlahnya tidak terhitung di kawasan kandang tersebut, maka dengan satu kesempatan saja dan jika kondisi kekebalan tubuh ayam menurun, terjadinya infeksi sangat tidak bisa di ragukan lagi.

 

Perawatan

Jika terjadi penyakit ini di kandang anda , dan kebetulan masih dalam tahap awal, atau tahap memerah nya kaki ayam, maka lebih baik anda memisahkan ayam yang sakit tersebut ke pen atau kandang terpisah untuk karantina semantara,

Ketika ayam sudah di pisahkan pada kandang karantina, lakukan lah penyuntikan secara berkala, atau setiap hari selama satu minggu (7hari), kemudian istirahatkan selama (7hari) dan ulangi penyuntikan antibiotik selama 7hari. untuk antibiotik, anda bisa mencari nya di poultry shop terdekat, misalnya bisa menggunakan tinisol, gentamicyn, medoxyl LA, Penstrep atau pun antibiotik sejenis nya,

Untuk penyuntikan, katakan lah anda menggunakan Gentamicyn, maka bisa juga anda menggunakan Gentamicyn (disuntik di dada sebelah kana) dan B-Komplek (digunakan sebelah kiri) selam 7 hari.

Dan untuk penjagaan, anda bisa memberikan Flubenol dan toxin binder pada makanan selama 5-7 hari, di usia ayam menginjak umur 17 minggu,

Terimakasih semoga bisa bermanfaat

15 comments:

wah info bagus nee sobat,,,

tentang ayam semua..

thx yaaa dah bknjung ke langitsenjaku,,,

informasi yang menarik dan bermanfaat, salam sahabat

salam sobat
ternyata yang diserang penyakit bumble di kaki ayam ya,,
trims infonya,,
lama ngga berkunjung,,apa kabar mas?

semacam penyakit borok yaaa, hiii ngeriii juga nih ngelihatnya.
Pa kabarnya nih sobat... sepertinya dah lama baru OL atau sayanya yang baru berkunjung. Smg sehat2 aja yaa n sukses selalu

wiiih kemANA AJA IH SOBB BARU muncull hehe

mengerikan juga ternyata amputasi berlaku juga untuk hewan ini, ayam harus di buang dulu bumble nya bila sudah parah

kalo ditempat saya kadang tersengat semacam kalajengking di kandang... pernah beternak ayam arab tapi stlh isu flu burung ; terpaksa digulung.. he he
btw mantep bgt dolar perfect moneynya mas.. dolarnya bisa ditukarin rupiah lsg lewat jasa web penukar perfect mon; kliktukar.com salahsatunya.

pak bos, ane mau usaha ternak.. tapi masih bingung, enaknya ternak ayam ato bebek yang lebih prospek?

tolong email saya ya di hyo_oga(at)yahoo.com

thanks,
Yuga Eko Wahyono
Young Inspiration
Handphone n Gadget Review
Weight Loss n Diet Program

Artikel yang sangat bermanfaat... Thanks for share sob...

artikele mantep-mantep mas..lam sukses

@ipin:
iya baru ngeblog lagi nih :)
jalan terakhir adalah harus di amputasi sih.. tapi kebanyakan mendingan ayam nya yang di buang kalau memang sudah terlanjur sakit, soalnya gak ada keuntungan nya, ayam juga gak mau makan dan gak mau bertelur... dari pada menular lebih baik di bunuh saja .. kejam ya :)

@alkatro:
wah sayang ya.. memang sih pada masa itu (bird flu) semua orang terutama petani sangat kelabakan untuk mengantisipasi terjadinya penyakit ini.. tapi alhamdulilah saya terbebas dari serangan virus ganas itu..
owh iya lumayan nih FM nambah tiap bulan 30 tapi gak bisa ngambilnya., owh dengan tukar.com ya... makasih mas info nya. ;))

@Young inspiration:
kalau soal prospek, kita kan harus melihat situasi ekonomi pasar dulu di tempat anda, nah kira2 yang harus jadi perbandingan disini adalah, apakah di pasar harga ayam yang bagus atau harga daging bebek? (pada saat ini) dan apakah konsumen lebih tertarik dengan daging bebek atau daging ayam (di kawasan anda).
jadi menurut saya jika pengamatan lebih dalam ke kondisi lingkungan, untuk saat ini di daerah saya lebih banyak konsumen ayam dari pada bebek, nah bisa di ambil kesimpulan bahwa di daerah saya prospek lebih baik adalah memelihara ayam... kalau untuk daerah anda saya kurang faham... makanya harus di lihat dulu dari segi pasaran harga, dan pasaran konsumen...
Kalaua dalam penghasilan yang cepat, tetap ayam sih.. tapi tidak untuk daerah yang memang ayam sudah membanjiri pasar.
Ke dua. apakah hobi anda dan pemahaman anda tentang ternak lebih cenderung mring ke ayam atau bebek, karena paktor keberhasilan adalah dari segi kecintaan terhadap hewan peliharaan, maka jika anda tidak hobi dengan hewan peliharaan anda.. saya yakin angka keberhasilan akan lebih menipis... ;)

@Rock;
thank so much my friend ;)

ternyata ayam ini banyak penyakit........
kukira flu burung aja........

Mampir ke peternakan ayam baca2 info yang penting nih

Quite interesting and informative. Thanks for sharing.

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More