topads

Sunday, August 9, 2009

Motor Dan Masalahnya Bag-1



Kepada para sobat semua, saya mau berbagi informasi mengenai permasalahan motor, walau pun saya bukan ahlinya, sekedar mendapatkan informasi dan berbagi pengalaman, ga ada salahnya kan? hehe.. ketawa dulu ahbiggrin Dengan perubahan jaman sekarang yang serba cepat, saya yakin semua orang pasti mempunya motor sebagai jalan alternatip untuk menghindari macet, mau jalan cepet ke tempat kerja tanpa harus menunggu bis,atau kendaraaan lainnya... dan lain lain..!!
tapi saya juga yakin setiap motor, pasti mempunyai masalah tersendiri, ada yang gini, ada yang gitu dan lain hal sebagai nya, oleh karena itu dari pada mogok di jalan lebih baik kita memahami sedikit demi sedikit, kalau seandainya dapat masalah ga usah report dorong motor ke bengkel... biggrin peace
Informasi ini saya dapat dari statsiun radio, koran, tv, dan media lainnya, Ini juga merupakan sebuah catatan kecil sayaredface

Pertanyaan:
Motor sogun 125 tahun 2005, Kalau gasnya di tarik ada bunyi, dak dak dak??? apalagi pas mau masuk gigi, mau di bawa jalan suaranya tambah parah... kira2 aapa ya masalahnya?

Jawaban
Jadi kalau pas di tarik agak kuat aja bunyinya dak-dak-dak, tapi kalau dalam keadaan diam atau stanby mungkin ga bunyi, Kemungkinan besar dari koplingnya, Di kopling nya itu ada namanya, Kampas kopling dan kopling ganda, Nah itu penyakitnya ada di Ganda-nya, Ganda nya itu sama gigi primernya

sudah tidak nge-klop lagi atau Longgar, nah itu yang bikin bunyi dak-dak-dak
Jadi Solusinya, kita harus bongkar rumah koplingnya, dan buka dan cabut gandanya, terus kita pantek ulang, di ketok, dan di kencengin lagi.

  • Pertanyaan:
  • Motor Supra fit, tahun 2004, gigi primernya bunyi..... kira2 apa penyebabnya?
    Jawaban
    Gigi Primer bunyi, di sebabkan kalau pembongkaran nya salah, atau salah buat penahanan nya, kadang2 kalau mekanik baru, tahu-tahu penahannannya itu make besi,atau seperti obeng, nah itu yang bikin bunyi gigi primer, Jadi seandainya kalau mau bikin penahanan buat gigi primer sewaktu membongkar, usahakan harus ada penahanannya sendiri pakai magnet, kalau kita penahanananya di ganjel pake besi, atau benda keras lainnya, pasti terjadi bunyi begitu.
  • Pertanyaan
  • Vega-R tahun 2005, Kalau di hidupkan bunyi di blok itu, ada bunyi kicik-kicik-kicikrolleyes Kira2 masalahnya apa ya?
    Jawabannya:
    Mungkin ada per rantai yang udah rusak, coba di cek lagi, kalau masih ada buyi begitu cek di rantai keteng-nya, soalnya kalau bunyi kicik-kicik bisa juga dari setelan klep terlalu renggang atau bila rantai keteng kendor bisa menimbulkan bunyi tersebut.
  • Pertanyaan:

  • Sering Kedengan di dalam mangkok kupling ada bunyi seperti bunyi pletek-pletek-pletek ......?
    Jawaban
    Kalau memang mangkok kopling sudah bunyi seperti itu, lebih baik jangan di ganti dulu mangkok koplingnya... kita coba dulu dengan memperbaiki karet mangkok koplingnya, kalau karet bantalanya sudah di ganti kita pantek kembali, atau di kling lagi.
  • Pertanyaan

  • Rx king Tahun 97, Permasalahan nya yaitu giginya gak mau netral,??
  • jawaban

  • Kalau sejenis motor RX-king, cek ulang kembali, mungkin motornya bekas di bongkar ga? Dan motor sejenis rx-king ini, Disitu ada sejenis pelor penyangga gigi bintang, nah pelor penyangga gigi bintang nya itu, udah gak makan meng-gigit lagi atau lemah, itu yang mengakibatkan motor nya masuk gigi terus atau gak bisa netral, cek lagi di toper levelnya atau pengait gigi bintangnya.
    BERSAMBUNG...

    3 comments:

    wach mantap bakalan sering kesinih boss tank's infonya

    ajibbb... motornya keren banget tuh kak :16

    jadi pengen modif motor nih *hihi* :15

    Post a Comment

    Delete this element to display blogger navbar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More