topads

Saturday, February 19, 2011

supaya ayam cepat besar

cara memelihara ayam potong, ayam negri, ayam petelur pada masa brooding (eraman)

anak ayam PS -umur 10 hari
semua pengurusan ayam potong, ayam negri dan ayam petelur pada dasarnya ketika brooding adalah sama , sebaiknya BACA ARTIKEL SEBELUM NYA DI SINI mengenai pemeliharaan ayam saat brooding.

pertanyaan nya:
bagaimana supaya ayam cepat besar? pertanyaan tersebut sering saya dapat ketika saya sedang online di FB, dan beberapa teman FB sering menyanyakan pertanyaan itu, untuk menjawab pertanyaan di atas, alangkah baiknya jika saya menjelaskan bagai mana cara memelihara ayam yang benar. karena pertumbuhan ayam tidak hanya tergantung pada kualitas makanan semata, akan tetapi banyak faktor yang perlu di kuasai oleh peternak.

tanpa pemeliharaan dengan prosedur yang benar, maka pembesaran ayam atau pertumbuhan anak ayam tidak akan bisa tumbuh secara maksimal. jadi ada beberapa faktor yang harus di fahami oleh peternak ayam.

Update: video di bawah ini adalah ketika penerimaan ayam sebelum brooding.



Mari kita mulai membahas dari awa brooding
Untuk hasil yang lebih baik, jumlah / kapasitas tiap brooding harus sama, tidak boleh sebagian brooding dengan kepadatan yang kurang, sedangkan brooding yang lain dengan kepadatan ayam yang sangat padat hal ini perlu di hindari. baca juga penjelasan tentang brooding di sini

ketika menghitung dan memasukan ayam kedalam eraman.
Usahakan penyebaran anak ayam tiap lingkaran brooder dengan total yang sama tiap brooder, lihat pada gambar di samping kanan ini, gambar ini saya ambil ketika ayam sedang di masukan ke dalam lingkaran pemeliharaan, jadi kelihatanya belum penuh..

Contoh:
seorang peternak ayam akan memelihara anak ayam di dalam kandang yang berkapasitas 5000 ekor misalnya.

untuk membuat lingkaran indukan yang akan di gunakan untuk memelihara anak ayam berumur sehari DOC tersebut.

Misalnya setiap lingkaran besarnya harus sama, dan isinya juga harus sama, katakan lah dalam satu lingkaran berkapasitas 500 ekor anak ayam, jadi untuk memelihara anak ayam sebanyak 5000 ekor (5 ribu ekor) di butuhkan lingkaran 10 lingkaran indukan.

ayam umur 5 hari
jadi dalam tiap lingkaran akan memiliki kepadatan yang sama, dengan kepadatan yang sama, akan sangat mudah mengontrol suhu indukan, karena semakin padat tempat indukan, maka semakin panas suhu di dalam indukan tersebut, dan sebaliknya jika indukan kurang padat maka suhu di dalam indukan tersebut akan berkurang juga, selain itu jika dengan kepadatan yang sama, kita akan sangat mudah dalam pengaturan pemberian makanan dan vitamin tentunya.

ini adalah point pertama untuk menghasilkan pertumbuhan anak ayam yang maksimal, dengan suhu yang baik anak ayam akan semakin cepat dalam mengkonsumsi makan, dan jika anak ayam semakin cepat dalam pengambilan makan, tentunya pertumbuhan nya juga akan semakin terkontrol. masih banyak faktor2 penyebab ayam tumbuh cepat dan malah sebaliknya (ayam tidak mau besar) jika management pemeliharaan ayam tersebut kurang baik. tunggu artikel lanjutan nya. terimakasih
sambungan dari artikel ini, silahkan baca di artikel tips supaya ayam tumbuh sehat dan cepat

1 comments:

tambah pengetahuan deh saya..makasih infonya sangat menarik...hehehehe

Post a Comment

Delete this element to display blogger navbar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More