topads

Monday, January 17, 2011

kualitas telur yang baik

BAGAIMANA MENCIPTAKAN AGAR KUALITAS TELUR TETAP BAIK , DAN MEMILIKI DAYA TETAS YANG TINGGI

Keberhasilan daya tetas telur ayam, di pengaruhi oleh berhasilnya seorang peternak dalam mengendalikan (perawatan) telur ayam tersebut.

Perlu di ingat Ketika ayam mengeluarkan telur (bertelur) di dalam sangkar atau yang biasa di sebut nestbox (tempat ayam bertelur) Telur tersebut memiliki ribuan bahkan sampai jutaan cells, telur tersebut akan mengeluarkan karbon dioksida dan memasukan oksigen melalui lubang (cells) tersebut.

Setelah ayam mengeluarkan telur, kita sebagai peternak tidak bisa meningkatkan kualitas telur, dan kita hanya bisa menjaga kualitas telur tsb agar tetap baik (tidak terkontaminasi)

Hatching Egg , image from biocentry.com


-LOGIKA-

Ketika telur di keluarkan oleh ayam betina dan telur tersebut 100% bersih, dan jika Tempat ayam bertelur tersebut tidak bersih (kotor) , Maka ribuan bakteri akan berebut atau berkompetisi masuk kedalam telur melalui celss tsb, Maka jangan berharap hatchibility akanberhasil. ketahui tentang telur infertile

Jadi apa yang harus di perhatikan agar telur tersebut tetap dalam keadaan baik (higienis) sampai penetasan.

Bersihkan tempat ayam bertelur:
  • Bersihkan sangkar ayam (nestbox) dari berbagai kotoran (tai ayam) atau telur yang pecah di dalam sangkar tersebut yang selalunya akan membusuk dan berbau.
  • Dengan demikian, sebaik nya jika ada telur yang pecah di dalam nestbox, segera di buang dan di bersihkan, begitu juga dengan kotoran ayam atau tinja ayam yang ada di nestbox.
  • Dan sebagai langkah jaga2 biar nestbox tetap bersih, setiap satu bulan sekali, sebaiknya alas di dalam sangkar yang selalunya di isi sekam, di ganti sekam yang lama dengan sekam yang baru dalam setiap bulan nya, atau dalam jangka waktu 4 minggu sekali.
  • Ayam yang baru bertelur biasanya akan mencakari bagian alas (sekam) nestbox tersebut, tapi kebiasaan itu akan hilang ketika ayam menginjak umur 30 minggu.
GIRING AYAM ATAU ANDA HARUS SERING JALAN2 DI DALAM KANDANG.
  • Maka dengan demikian, efek positiv terhadap telur adalah, dengan kegiatan sering jalan2 di dalam kandang ketika ayam memasuki pase bertelur, akan mengurangi telur lantai, dan akan mengurangi prilaku ayam yang sering bertelur tidak pada tempat nya atau sering bertelur di lantai yang jika ini terjadi, maka telur akan kotor dan mempengaruhi kualitas telus dan juga mempengaruhi daya tetas telur tersebut.
  • Dan ketika anda berjalan2 di dalam kandang, secara kebetulan atau secara tidak kebetulan anda melihat ayam yang sedang bertelur di lantai, maka segera lah anda mengambil ayam tersebut dan simpan atau di tempat kan di dalam sangkar di mana seharus nya ayam bertelur.
  • Banyak nya telur lantai juga akan mempengaruhi dan akan sangat merugikan dan menurunkan daya tetas telus secara keseluruhan.
  • Maka jika salah satu telur sudah ter kontaminasi oleh kuman2 dan bakteri yang ada di dalam kandang, maka ketika di dalam setter atau hatcher, telur yang terkontaminasi tersebut akan menyebarkan akan membusuk dan akan menyebarkan bakteri kepada telur2 yang lain nya.

    PENGAMBILAN TELUR:

    Pengambilan telur setidak nya 4 kali dalam sehari, dan ketika ayam telurnya puncak, di anjur kan mengambil telur 6 kali sehari.
    • Jam 5 pagi
    • jam 7:30 pagi
    • jam 11 pagi
    • jam 1:00 siang
    • jam 4 sore
    • dan jam 8:00 malam
    Telur pagi pada pukul 5, dan jam 8 malam sebaiknya jangan di jadikan HE (hatching egg) di karenakan kualitas telur pagi dan telur malam kurang baik, sebaiknya di konsumsi saja.

    Suhu telur di nestbox sangat berpengaruh dari suhu luar, sebaiknya ketika telur mau di masukan kedalam mesin tetas, sebaiknya simpan dulu telur tersebut di dalam ruangan yang selalu disebut dengan istilah fre-incubation room, dengan tujuan untuk menghindari perubahan suhu dari suhu yang secara drastis dari suhu yang rendah kepada suhu yang tinggi. dengan cara demikian akan mengurangi kematian awal pada embryo yang ada di dalam telur tersebut, dan akan meningkatkan kualitas (daya tetas).

    Untuk mengatasi penularan dari telur yang jelek kepada telur yang bagus, maka sebaiknya telur yang kualitas nya kurang bagus harus di pisahkan dengan telur yang kualitas nya bagus.

    Cuci tangan setiap mau memegang telur dan setelah memegang telur ayam, dgn tujuan untuk mengurangi telur dari penyakit. jadi bio security sangat mengambil peranan penting.

    Untuk mengurangi telur yang pecah, ketika anda menyimpan telur dengan menggunakan egg tray, maka hindari lah menumpuk telur dalam tumpukan yang banyak, misal nya telur di tumpuk sampai 10 atau 20 tray, sebaiknya tumpukan tray cukup 5 tumpuk saja.

    Terimakasih
      Web Site Hit Counter

    13 comments:

    salam sahabat
    iya lama sekalai tidak saling kunjung dan komentar
    oh iya izin saya bookmark soalnya saya butuh banget,terima kasih

    selamat siang om..
    mantab artikelnya, seperti biasa.. :D

    kurang paham tetang masalah telur :(

    kalau uang dari telur saya senang :)

    @Blogger Ceria
    selamat siang juga...
    makasih... salam sukses selalu

    @Dhana/戴安娜
    salam juga mba, iya nih sudah lama tidak saling berkunjung nih, karena keterbatasan waktu saya yang sedang sibuk di lapangan..
    salam

    @ali febriyanto
    hihik... semua orang juga kalau masalah uang semua org pasti senang..
    makasih kunjungan nya, salam sukses selalu

    Wah, kbtulan bgt nih saya baru blajat bt'nak ayam dan entok..
    Ayam baru p'nah b'tlur skali 12 tlur tapi yg btahan mpe skrng cuma 1, entok juga 12 tapi yg b'tahan mpe skrng cuma ada 5, skrng mreka lagi b'tlur lagi..

    Mudah"an jadi smua, maklum masih newbie..
    Senang rasany bisa tau blog ini, salam knal..

    Greetings from Oilink

    @Ihsanul Huda
    wah selamat ya semoga telur2nya nya jadi anak semua,
    salam kenal juga sobat...
    terimakasih atas kunjungannya

    Usaha yang manarik ini. Tinggal di mana emang gan?
    Pengen mampir ke lapaknya. Mau belajar :)

    pake ini gan
    pencerah kuning telur
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6816011

    kalo mau vitamin yang laen disni
    http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6820520

    Salam Kenal ..
    Saya Tanto. Saya bekerja di pabrik Pt. Tepung Emas. Kami Produsen tepung ikan yang berlokasi di jl. Raya bypass krian kav. 101 – Sidoarjo.
    Kami memproduksi tepung ikan dengan kadar protein 40% – 50%. Bahan baku : pilet ikan surimi, ikan petek, ikan tuna dan Bone Meal ( tepung tulang sapi)
    Adapun spek Tepung Ikan :
    - Protein : 45% - Harga : Rp. 4.700/kg
    - Protein : 50% - Harga : Rp. 5.400/kg
    - Moisture ; Max. 12%
    - Kalsium : Min. 10%
    - Phosfor : Min 4%
    - Serat kasar : max. 3%

    Tepung ikan yang kami produksi menggunakan campuran atau tambahan “Bone Meal” untuk menaikkan kadar kalsium.
    Kandungan kalsium (Ca) yang ada pada Tepung Ikan kami tidak jauh beda dengan kandungan kalsium pada MBM. sangat sesuai untuk unggas petelur dan pertumbuhan unggas.
    Kalsium merupakan unsur yang paling esensial dalam pembentukan kulit telur dan untuk menghasilkan kualitas telur terbaik.
    Trima kasih.
    Contack person: TANTO
    Tlip: 08121740404, 08175003911
    Email : hartanto_te@yahoo.co.id
     Untuk awal pemakaian dan pembuktian tepung ikan kami, pemesanan order bisa 1 ton.
    • Kami siap mengirim contoh tepung ikannya ke alamat Bpk/Ibu.

    Post a Comment

    Delete this element to display blogger navbar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More